✔ Bolivia; Negeri Di Atas Awan

Bolivia; Negeri Di Atas Awan - .  Bolivia ialah sebuah negara di Amerika Selatan bab tengah.  Ia merupakan salah satu negara yang letaknya tertinggi di dunia.  Seluruh bab barat negeri itu terdiri dari Pegunungan Andes yang menjulang tinggi dan selalu diselimuti salju.  La Paz, kota terbesar di Bolivia, letaknya 3.658 m di atas permukaan laut.

Di antara pegunungan-pegunungan Bolivia terdapat daratan tinggi yang disebut altiplano. Sebagian besar penduduk Bolivia, yang berjumlah 6 juta (saat itu) tinggal di sana, biasanya dalam rumah dari bata lumpur.  Pada umumnya, mereka ialah petani yang menanam kentang, gandum, dan kacang-kacangan.  Hewan peliharaan mereka, menyerupai Ilama dan alpaka, menghasilkan daging dan wol.

Bolivia mempunyai banyak endapan timah.  Sebuah gunung populer berjulukan Cerro Rico atau "bukit kaya" hampir seluruhnya terdiri dari timah.  Banyak orang Bolivia bekerja di tambang-tambang timah di altiplano.

Orang Indian penduduk orisinil Bolivia ditaklukkan oleh bangsa Inka dalam kala ke-15.  Kemudian negara ini dijajah oleh Spanyol.  Kebanyak orang Bolivia kini ialah keturunan Indian dan Spanyol.  Nama Bolivia berasal dari nama Simon Bolivar.

Pada ketinggian 3.810 meter Danau Titicaca merupakan danau tertinggi di dunia yang sanggup dilayari.  Danau ini membatasi Peru dan Bolivia.
 Bolivia ialah sebuah negara di Amerika Selatan bab tengah ✔ Bolivia; Negeri Di Atas Awan

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-5 Hal. 7.

Belum ada Komentar untuk "✔ Bolivia; Negeri Di Atas Awan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel