✔ Jenis-Jenis Sumber Belajar
Jenis-jenis Sumber Belajar - . Dalam buku Instructional Technologies The Definition and Domains of The Field (1994), AECT (Association for Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber mencar ilmu yang sanggup dipakai dalam proses belajar, yaitu:
1. Pesan (Message)
Pesan merupakan sumber mencar ilmu yang meliputi pesan formal yaitu pe-san yang dikeluarkan oleh forum resmi, menyerupai pemerintah atau pesan yang disampaikan guru dalam situasi pembelajaran. Pesan-pesan ini selain disam-paikan secara verbal juga dibentuk dalam bentuk dokumen menyerupai kurikulum, pe-raturan pemerintah, perundangan, GBPP, silabus, satuan pembelajaran dan sebagainya. Pesan nonformal yaitu pesan yang ada di lingkungan masyarakat luas yang sanggup dipakai sebagai materi pembelajaran contohnya dongeng rak-yat, legenda, ceramah oleh tokoh masyarakat dan ulama, prasasti, relief-releif pada candi, kitab-kitab kuno, dan peninggalan sejarah yang lainnya.
2. Orang (People)
Semua orang intinya sanggup berperan sebagai sumber belajar, na-mun secara umum sanggup dibagi dua kelompok. Pertama, kelompok orang yang didesain khusus sebagai sumber mencar ilmu utama yang dididik secara pro-fesional untuk mengajar, menyerupai guru, konselor, instruktur, dan widyaiswara. Termasuk kepala sekolah, laboran, teknisi sumber belajar, pustakawan dan lain-lain. Kelompok yang kedua yaitu orang yang mempunyai profesi selain tenaga yang berada di lingkungan pendidikan dan profesinya tidak terbatas. Misalnya politisi, tenaga kesehatan, pertanian, arsitek, psikolog, lawyer, poli-si pengusaha dan lain-lain.
3. Bahan (Matterials)
Bahan merupakan suatu format yang dipakai untuk menyimpan pe-san pembelajaran, menyerupai buku paket, buku teks, modul, aktivitas video, film, OHT (over head transparency), aktivitas slide,alat peraga dan sebagainya (biasa disebut software).
4. Alat (Device)
Alat yang dimaksud di sini yaitu benda-benda yang berbentuk fisik se-ring disebut juga dengan perangkat keras (hardware). Alat ini berfungsi un-tuk menyajikan bahan-bahan pada butir 3 di atas. Di dalamnya meliputi multimedia Projector, Slide Projector, OHP, Film, tape recorder, Opaqe projector, dan sebagainya.
5. Teknik
Teknik yang dimaksud yaitu cara (prosedur) yang dipakai orang da-lam memperlihatkan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran. Di dalam-nya meliputi ceramah, permainan/simulasi, tanya jawab, sosiodrama, dan sebagainya.
6. Latar (Setting)
Latar atau lingkungan yang berada di dalam sekolah maupun lingkung-an yang berada di luar sekolah, baik yang sengaja dirancang maupun yang ti-dak secara khusus disiapkan untuk pembelajaran. Termasuk di dalamnya ada-lah pengaturan ruang, pencahayaan, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, daerah workshop, halaman sekolah, kebun sekolah, lapangan sekolah, dan sebagainya.
Sumber mencar ilmu yang diuraikan di atas, merupakan komponen-komponen yang sanggup dimanfaatkan untuk pembelajaran. Secara khusus untuk kategori materi (matterials) dan & alat (device) yang kita kenal sebagai software dan hardware tak lain yaitu media pendidikan.
1. Pesan (Message)
Pesan merupakan sumber mencar ilmu yang meliputi pesan formal yaitu pe-san yang dikeluarkan oleh forum resmi, menyerupai pemerintah atau pesan yang disampaikan guru dalam situasi pembelajaran. Pesan-pesan ini selain disam-paikan secara verbal juga dibentuk dalam bentuk dokumen menyerupai kurikulum, pe-raturan pemerintah, perundangan, GBPP, silabus, satuan pembelajaran dan sebagainya. Pesan nonformal yaitu pesan yang ada di lingkungan masyarakat luas yang sanggup dipakai sebagai materi pembelajaran contohnya dongeng rak-yat, legenda, ceramah oleh tokoh masyarakat dan ulama, prasasti, relief-releif pada candi, kitab-kitab kuno, dan peninggalan sejarah yang lainnya.
2. Orang (People)
Semua orang intinya sanggup berperan sebagai sumber belajar, na-mun secara umum sanggup dibagi dua kelompok. Pertama, kelompok orang yang didesain khusus sebagai sumber mencar ilmu utama yang dididik secara pro-fesional untuk mengajar, menyerupai guru, konselor, instruktur, dan widyaiswara. Termasuk kepala sekolah, laboran, teknisi sumber belajar, pustakawan dan lain-lain. Kelompok yang kedua yaitu orang yang mempunyai profesi selain tenaga yang berada di lingkungan pendidikan dan profesinya tidak terbatas. Misalnya politisi, tenaga kesehatan, pertanian, arsitek, psikolog, lawyer, poli-si pengusaha dan lain-lain.
3. Bahan (Matterials)
Bahan merupakan suatu format yang dipakai untuk menyimpan pe-san pembelajaran, menyerupai buku paket, buku teks, modul, aktivitas video, film, OHT (over head transparency), aktivitas slide,alat peraga dan sebagainya (biasa disebut software).
4. Alat (Device)
Alat yang dimaksud di sini yaitu benda-benda yang berbentuk fisik se-ring disebut juga dengan perangkat keras (hardware). Alat ini berfungsi un-tuk menyajikan bahan-bahan pada butir 3 di atas. Di dalamnya meliputi multimedia Projector, Slide Projector, OHP, Film, tape recorder, Opaqe projector, dan sebagainya.
5. Teknik
Teknik yang dimaksud yaitu cara (prosedur) yang dipakai orang da-lam memperlihatkan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran. Di dalam-nya meliputi ceramah, permainan/simulasi, tanya jawab, sosiodrama, dan sebagainya.
6. Latar (Setting)
Latar atau lingkungan yang berada di dalam sekolah maupun lingkung-an yang berada di luar sekolah, baik yang sengaja dirancang maupun yang ti-dak secara khusus disiapkan untuk pembelajaran. Termasuk di dalamnya ada-lah pengaturan ruang, pencahayaan, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, daerah workshop, halaman sekolah, kebun sekolah, lapangan sekolah, dan sebagainya.
Sumber mencar ilmu yang diuraikan di atas, merupakan komponen-komponen yang sanggup dimanfaatkan untuk pembelajaran. Secara khusus untuk kategori materi (matterials) dan & alat (device) yang kita kenal sebagai software dan hardware tak lain yaitu media pendidikan.
Belum ada Komentar untuk "✔ Jenis-Jenis Sumber Belajar"
Posting Komentar