✔ Mengenal Abalon; Karang Mutiara

 Abalon atau tiram yaitu sebangsa kerang ✔ Mengenal Abalon; Karang Mutiara
Mengenal Abalon; Karang Mutiara - .  Abalon atau tiram yaitu sebangsa kerang.  Ia bertubuh lunak tetapi berkulit keras.  Sebagian besar tubuhnya yang lunak ada dalam kulitnya, sedangkang bab badan yang di luar kulit disebut kaki.  Kakinya yang besar terdiri dari otot-otot.  Dengan ototnya Abalon sanggup melekat pada batu-batu.  Pada bab atas kulit Abalon terdapat lubang-lubang yang sanggup dilalui air.

Abalon hidup di laut. Di dunia terdapat sekitar 100 jenis Abalon. Sejak dahulu kala, para nelayan mengambil Abalon dari laut.  D bab dalam kulit Abalon terdapat benda berkilat disebut "karang mutiara".  Bahan ini digunakan untuk menciptakan tambahan dan kancing.  Bagian Abalon yang lunak, yaitu tubuhnya, dijadikan makanan.

 Abalon atau tiram yaitu sebangsa kerang ✔ Mengenal Abalon; Karang Mutiara
Catatan lain wacana Abalon:
Daging Abalon sunguh liat.  Untuk melunakkannya, juru masak memukul-mukul Abalon dengan palu kayu.
Kulit Abalon kadang kala disebut kuping laut.  Panjangnya sanggup mencapai 18 cm.

Abalon (berasal dari bahasa Spanyol, Abulón) termasuk spesies kerang-kerangan (moluska) dari familia Haliotidae dan genus Haliotis.
Nama lain Abalon yaitu kerang mata tujuh atau siput balik batu, ormer di Jersey dan Guernsey, perlemoen di Afrika Selatan, dan pāua di Selandia Baru.

Abalon tergolong dalam kelas Gastropoda yang besar. Terdapat hanya satu genus dalam famili Haliotidae dan kira-kira 4 - 7 subgenus. Taksonominya agak membingungkan. Spesiesnya berjumlah antara kira-kira 100 sampai 130 (karena adanya hibrida).

Abalon mempunyai ciri-ciri permukaan kulit sebelah dalam yang berwarna-warni yang terbuat dari nakre. Daging moluska ini dianggap sebagai salah satu masakan istimewa di sebagian Amerika Latin (khususnya Chili), Asia Tenggara, dan Asia Timur (khususnya di Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea).

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-1 Hal. 9.
Internet+Wikipedia.

Belum ada Komentar untuk "✔ Mengenal Abalon; Karang Mutiara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel