✔ Asal Mula Kata Weblog/Blog

Klik Disini] sudah diulas sejarah asal mula ditemukannya blog. Tapi pernahkah kita berpikir "kenapa disebut weblog / blog...?" Kenapa ga disebut ngoceh online atau apa gitu...heeeee.

Dari penelusuran asik berguru dot com, ditemukan arsip sejarah asal mula kenapa disebut weblog atau blog, ceritanya gini...

Blog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini yaitu Justin Hall, yang melaksanakan membuat online diarynya Justin Links From The Underground dikala beliau masih merupakan pelajar dari Swarthmore College.

Kala itu, Blog (atau dikala itu berjulukan online diary) pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary dikala itu sanggup juga dikatakan sebagai katalog link menurut opini pemilik. Para diarist yaitu editor yang menentukan link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.

Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” membuat istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging sanggup diartikan masuk. So, logging the web sanggup diartikan “memasuki web”. Korelasinya yaitu blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik menurut opininya.

Hingga 1998, gres ada beberapa website yang sanggup diidentifikasikan sebagai blog, hingga dikala itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.

Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga hasilnya dibentuk pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog lalu di sebut “blogger”.
Sumber: http://anjani22.wordpress.com/2012/01/05/awal-mula-blog/
 Demikian kenapa hingga kini kita sebut blog. Ada yang usul....?

Belum ada Komentar untuk "✔ Asal Mula Kata Weblog/Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel