✔ 7 Fakta Unik Lebaran Di Indonesia

8 Fakta Unik Sebelum Lebaran [klik disini], kali ini membahas perihal kebiasaan yang unik dikala berlebaran di Indonesia.  Jadi postingan ini melanjutkan postingan terhadulu. Bagi yamg merayakan lebaran idul fitri kadang tidak merasa adanya keunikan yang terjadi dalam melakukan hari raya tersebut atau dengan kata lain keunikan hari raya idul fitri di Indonesia pada umumnya. Apa-apa saja hal-hal unik dikala lebaran di Indonesia?

  1. Hari Idulfitri yang Berbeda.  Sudah menjadi diam-diam umum bahwa perayaan hari raya Iedul Fitri di Indonesia terdapat perbedaan pelaksanaannya.  Dalam bahasa umum ada dua umat yang diistilahkan kaum Tua dan kaum Muda.  Namun uniknya mereka tetap saling hormat dan saling mengasihi.
  2. Maraknya kaum peminta-minta.  Saat kita menuntaskan sholat hari raya, maka kita sanggup menyaksikan sekumpulan orag yang entah dari mana berkumpul sambil menadahkan tangan untuk mengharapkan sedekah. Padahal sebelumnya tidak pernah kita bertemu dengan rombongan tersebut.
  3. Main meriam dan Petasan.  Di banyak tempat, terutama di kampung-kampung pedesaan, mainan meriam sangat disukai orang sebagai tanda perayaan hari raya, biasanya kegiataan ini dibarengi dengan main petasan semenjak malam bulan ampunan dan berakhir malam pengumuman 1 Syawal. Uniknya sering diadakan razia oleh polisi namun tetap ada.
  4. Berbagi Ampao.  Berbagi ampao ini khususnya diberikan kepada belum dewasa kecil dikala saling berkunjung ke rumah sanak saudara ataupun tetangga. Sedangkan orang bau tanah dari belum dewasa tersebut tidak menerima angpao.
  5. Saling Bersilaturahmi.  Kegiatan bersilaturahmi dilakukan dikala mulai sholat iedul fitri dan hingga dilanjutkan berkunjung ke tetangga akrab untuk saling bermaafan.  Hal unik dalam bersilaturahmi ini tidak memandang suku maupun agama, sehingga program ini sering dijadikan ngumpul-ngumpul khususnya bagi para pendatang yang tidak pulang kampung ke kampung halaman.
  6. Pukul Beduk.  Begitu pemerintah mengumumkan 1 Syawal, maka terdengarlah suara beduk dimana-mana.  Lucunya, suara beduk tersebut sanggup dari kaset, sanggup juga orisinil dari buduk yang dipukul.
  7. Kota kalah meriah dibanding di desa.  Sudah menjadi kebiasaan pulang kampung setiap hari raya iedul fitri bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.  Hal ini terbukti sunyinya jalan-jalan yang biasanya dipadati oleh kendaraan bermotor.  Hari raya iedul fitri di kota sanggup dikatakan kalah "syahdu" dengan perayaan di desa-desa.  Itulah uniknya hari raya iedul fitri.
Itulah 7 Fakta Unik Idulfitri di Indonesia versi  asik mencar ilmu dot com.

Belum ada Komentar untuk "✔ 7 Fakta Unik Lebaran Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel