✔ 8 Fakta Unik Sebelum Lebaran

asik berguru dot com.  Idulfitri Indonesia atau hari raya identik dengan Idul Ftri yang jatuh pada tanggal 1 syawal setiap tahun Hijriah.  Hari idul fitri dikenal juga hari kemenangan, sehingga perayaannya lebih semarak dimanding hari raya idul adha atau hari raya haji.  Sesuai pengalaman yang dirasakan, ada beberapa hal unik menyangkut sebelum hari lebaran tiba.  Inilah 8 Fakta Unik Sebelum Lebaran versi asik berguru dot com.
  1. Polemik penentuan 1 Syawal: Rupanya sudah menjadi kebiasaan, khusunya di Indonesia, penentuan 1 Syawal agak sedikit ruwet sebab terindikasi ada kepentingan politik segelintir orang, sehingga terkadang umat menjadi terpecah-pecah dalam melakukan hari rayanya.Namun pada keadaan tertentu kadang 1 Syawal tersebut dapat dirayakan secara bersama-sama.
  2. Marakya mengembangkan Zakat Fitrah: berdasarkan aturan, pelaksanaan bersedekah fitrah harusnya sudah dapat dilaksanakan mulai bulan berkat tiba, namun kebiasaan yang ada malam takbiran gres mulai dikerjakan.
  3. Malam Takbiran Lebaran: malam takbiran yakni sesuatu program yang ditunggu-tunggu banyak orang, sebab malam takbiran bersifat program parade dari aneka macam elemen dalam menyambut malam lebaran.  Biasanya malam takbiran diisi dengan program pawai bersama.
  4. Maraknya jualan Ketupat dan Kue Kering Lebaran: sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa lebaran identik dengan ketupat dan maraknya pasar kaget jualan masakan ringan elok kering untuk lebaran.
  5. Tukeran Uang: sebab hari lebaran biasanya juga identik dengan bagi-bagi uang (angpao), maka di tempat-tempat tertentu sudah banyak orang-orang yang memperlihatkan jasa penukaran uang gres untuk lebaran.
  6. Kebiasaan Beli Baju Baru: biasanya ada rasa tak afdol jikalau hari lebaran tidak dirayakan dengan baju aru, khususnya anak-anak.  Sehingga, menjelang hari raya / lebaran pasar-pasar, toko dan mall selalu dipenuhi pengunjung yang mau beli baju baru. 
  7. Mudik: bagi yang kawasan kerjanya jauh dari kampung halaman, biasanya mereka berkesempatan untuk pulang sekaligus bersilaturahmi, sehingga acara pulang kampung dianggap perlu oleh kebanyakkan masyarakat Indonesia.
  8. Ziarah: menjelang lebaran acara ziarah semakin marak, sehingga bahkan dipemakaman umum sudah disediakan jasa pembaca doa buat penziarah.
Demikian  8 Fakta Unik Sebelum Lebaran versi asik berguru dot com.

Belum ada Komentar untuk "✔ 8 Fakta Unik Sebelum Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel