✔ Penjajah Itu Berjulukan Gadget

Penjajah itu Bernama Gadget - .  Menurut pakar teknologi isu dari ITB, Dimitri Mahayana: sekitar 5-10 persen gadget mania terbiasa menyentuh gadgetnya sebanyak 100-200 kali dalam sehari. Jika waktu efektif insan beraktivitas 16 jam atau 960 menit sehari, maka orang yang kecanduan gadget akan menyentuh perangkatnya itu 4,8 menit sekali.  Hmmm...bayangkan...setiap 4 - 5 menit orang tersebut menyentuh gadgetnya.

Penjajah itu Bernama Gadget
 Menurut pakar teknologi isu dari ITB ✔ Penjajah itu Bernama Gadget
Bila kita renungkan dari data di atas, pastaskah Gadget kita katakan sebagai penjajah? Dalam hal ini penjajah yang dimaksud ialah yang "merampas waktu kita".  Karena Gadget kita tidak lagi saling berinteraksi dan saling "mengenal".  Kita seperti "asing" satu sama lain.  Saat makan dengan pasangan/keluarga, kadang kita harus memoto makanan/menu yang ada dulu, dan bukannya memoto pasangan/keluarga. Bila kita diruang tunggu, bukannya kita saling membuatkan cerita, tetapi asik dengan gadget masing-masing.  Bagian lainya, mari kita diskusikan dari sisi negatifnya:

Segi Kesehatan: pengguna gadget mania punya resiko terhadap penyakit kanker akhir radiasi yang ditimbulkan.
Segi Sosial & Budaya: adanya perubahan pandangan terhadap korelasi sosial antar manusia.  Kalau dulu korelasi diperlihatkan dengan saling bertemu dan kontak mata, kini cukup lewat perangkat.  Akibatnya rasa kepekaan sosial mulai berkurang terhadap sesama.
Segi Kriminalitas: alasannya ingin membeli gadget, kadang terjadi perampasan /penjambretan.

Jadi??? Bila ternyata gadget sanggup membunuh kita akhir kanker, gadget menciptakan kita hambar satu sama lain, dan dampak negatif lainnya ialah kita sanggup merampas barang orang lain...bukankah ketiga ciri tersebut sudah "mirip" dengan penjajah? Adakah yang mau nambahkan?.
Sebagai renungan dan memprihatinkan, info ini ada ditayangkan disalah satu TV swasta nasional ialah adanya "keterpaksaan" yang tanpa dirasakan ada orang rela menjual ginjalnya hanya untuk membeli sebuah gadget Tab. Keterlauan!.

Gadget sebagai alat tampaknya kita sebagai pengguna harus bijak menyikapinya. Apakah kalian punya pendapat lain?

Belum ada Komentar untuk "✔ Penjajah Itu Berjulukan Gadget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel