✔ Jurnal Online Berbasis Blog, Dapat Asal...

 kini waktunya unjuk gigi alias hobbi kalian sanggup mempunyai kegunaan untuk sahabat ✔ Jurnal Online Berbasis Blog, Bisa Asal...
Jurnal Online Berbasis Blog, Bisa Asal - .  Bagi yang suka dan hobbi nulis di blog, kini waktunya unjuk gigi alias hobbi kalian sanggup mempunyai kegunaan untuk teman-teman yang pengen pasang artikel penelitiannya di jurnal online.  Sekarang blog kalian sudah sanggup dipermak menjadi sebuah JURNAL ONLINE.  Mau tau? Baca artikel di bawah ini yang dikutip dari http://www.academia.edu/ yang sudah diubahsuaikan dengan perkembangan dunia Blog.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, mahasiswa S1 sanggup menerbitkan jurnal ilmiahnya secara online. Selain lebih mudah, jurnal online juga sanggup mengatasi terbatasnya ruang publikasi seluruh makalah mahasiswa. "Untuk S-1 yang penting namanya jurnal. Agar efektif dan efisien maka gunakanlah jurnal online," kata Djoko kepada Kompas. 

Secara teknis, menciptakan jurnal online sangat gampang dengan tersedianya bermacam-macam software pembuatan jurnal online. Jurnal online juga sanggup berbasis blog, yakni di blog Wordpress, baik yang gratis (wordpress.com/Blogspot.com) maupun yang self-hosting (domain+hosting berbayar) dengan Content Management System (CMS) Wordpress (wordpress.org).

Aspek legalitas jurnal online sanggup diperoleh dengan cara mengajukan permohonan nomor International Standard of Serial Number (ISSN) ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Akreditasi Jurnal Ilmiah diberikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M DIKTI). 

Untuk mengasah keterampilan menulis, termasuk menulis karya ilmiah, mahasiswa sanggup menciptakan jurnal online pribadi dengan blog.  

Tipe dan Karakteristik Konten Jurnal Online
Kebanyakan jurnal online diterbitkan dalam format HTML dan/atau format PDF, namun ada  juga yang tersedia hanya dalam satu dari dua format . Ada juga yang mempublikasikannya dalam format DOC.  Jurnal Online di Indonesia umumnya memakai format PDF. Contoh jurnal online format HTML antara lain e-journal Virginia Tech dan ECRP Universitas Illinois
.
Keunggulan Jurnal Online
Keunggulan jurnal online hakikatnya sama dengan keunggulan media online pada umumnya dibandingkan dengan media cetak. Jurnal online membuka kesempatan diseminasi pengetahuan (dissemination of knowledge) seluas-luasnya alasannya ialah sanggup diakses di seluruh dunia. 

Karakeristik Media Online yang juga dimiliki jurnal online antara lain sebagai berikut:
  1. Kapasitas luashalaman web sanggup menampung naskah sangat panjang
  2. Pemuatan dan editing naskah sanggup kapan saja dan di mana saja.
  3. Jadwal terbit sanggup kapan saja bisa, setiap saat. 
  4. Cepat, begitu di-upload pribadi sanggup diakses semua orang.
  5. Menjangkau seluruh dunia yang mempunyai kanal internet. 
  6. Aktual, berisi info faktual alasannya ialah kemudahan dan kecepatan penyajian. 
  7. Update, pembaruan informasi terus dan sanggup dilakukan kapan saja. 
  8. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya akomodasi kolom komentar, chat room,polling, dsb. 
  9. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan sanggup ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan akomodasi ”cari” (search).
  10. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Karakteristik medi online di atas mengakibatkan jurnal online mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki media cetak sebagai berikut:
  1. Stability and Accessibility, relatif stabil dan gampang diakses. 
  2. Independent of Space and Time, tidak terikat ruang dan waktu. 
  3. "Abadi" (Long Term Access), terarsipkan secara online. 
  4. Hypertext links, berisi link ke sumber atau goresan pena lain. 
  5. Graphics, sanggup berisi gambar yang lebih dinamis dan banyak. 
  6. Audio and video, sanggup menyertakan audio dan video. 
  7. Post-publication comments and discussion, membuka ruang diskusi dan komentar di kolom komentar atau di lembaga khusus. 
  8. Access to downloadable data files, sanggup didownload. 
  9. Electronic review, sanggup melaksanakan review online tanpa dibatasi ruang dan waktu. 
  10. Correction of errors, kesalahan sanggup disunting atau diperbaiki kapan dan di mana saja.
Indeks Khusus Google
Internasionalisai jurnal ilmiah online sanggup dilakukan melalui registrasi pada situs pengindex ibarat Google Scholar (Google Cendikia) dengan alamat scholar.google.com. Google Scholar mengindeks publikasi ilmiah. Di Google Scholar ini pula mahasiswa atau penulis karya ilmiah sanggup menelusuri judul-judul buku dan artikel ilmiah untuk dijadikan sumber rujukan (referensi).

Teknis Penulisan Jurnal Online
Teknik penulisan jurnal, yakni format atau struktur naskah, diubahsuaikan dengan anutan penulisan atau gaya selingkung (style book) masing-masing jurnal sekolah tinggi tinggi. Format umum untuk jurnal ilmiah biasanya terdiri dari:
1. Judul.
2. Abstrak.
3. Pendahuluan.
4. Bahan dan metode.
5. Hasil.
6. Pembahasan.
7. Kesimpulan.
8. Daftar pustaka

Teknik penulisan dalam pengertian teknik penyusunan naskah untuk publikasi di Jurnal Online ada di panduan masing-masing jurnal online sekolah tinggi tinggi. Umumnya, tampilan goresan pena di  jurnal online terdiri dari:
1. Judul
2. Nama penulis
3. Abstrak
4. Link download file PDF/DOC/XML

Sumber:
www.asikbelajar.com
http://www.academia.edu/5690283/Teknik_Penulisan_Jurnal_Media_Online, diakses tgl. 18/03/2015.

Belum ada Komentar untuk "✔ Jurnal Online Berbasis Blog, Dapat Asal..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel