✔ Macam Polusi Dan Bahayanya

Macam Polusi dan Bahayanya - . Polusi (pollutant) sanggup digolongkan ke dalam dua golongan, bersifat kuantitatif (quantitative pollutant) dan bersifat kualitatif (qualitative pollutant). Substansi yang secara ilmiah terdapat di alam lingkungan tetapi jumlahnya menjadi meningkat lantaran adanya aktivitas insan dinamakan polutan yang bersifat kuantitatif. Sintesis yang dihasilkan oleh adanya aktivitas hidup insan kita sebut pollutan yang bersifat kualitatif.

a.  Polusi Udara 
Polusi udara memiliki sumber yang beranekaragam. Dari kendaraan termotor dikeluarkan polutan ke udara dalam bentuk gas: karbon monoksida (CO), nitrogen oksida, sulfur oksida, hidrokarbon, dan partikel padar. Disamping itu, masih terdapat lagi sumber polutan udara, contohnya pabrik besi baja, penyulingan minyak bumi, dan pabrik petrokimia.
Menurut data yang diperoleh daripenelitian membuktikan polusi udara telah banyak menjadikan gangguan kesehatan manusia. Mari kita teliti lebih lanjut mengenai polusi udara dan efeknya terhadap badan manusia.
Karbon monoksida sanggup mengakibatkan pekerjaan darah atau hemoglobin terganggu. Fungsi hemoglobin yang ada pada butir darah merah untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya  ke  seluruh  tubuh  menjadi  terganggu  karena  terikatnya  CO  pada hemoglobin. Akibatnya, badan akan mengalami kekurangan oksigen yang sangat vital sehingga jantung dan paru-paru akan bekaerja lebih keras lagi untuk menunjukkan oksigen. Gas nitrogen oksida memiliki efek yang sama menyerupai gas karbon monoksida, yaitu mempengaruhi kemampuan dalam mengikat dan mengangkut oksigen. Belerang dioksida banyak menjadikan penyakit pada akses pernafasan.
Baca jugaPencemaran udara: Penyebab, Pencegahan dan Efeknya [Klik Disini]

b. Polusi Air dan Tanah 
Polutan sebagai hasil aktivitas hidup insan sanggup juga mencemarkan air dan tanah. Bila jumlah penduduk suatu Negara berkembag maka, perindustrian pun berkembang sehingga masuklah banyak polutan ke system perairan, antara lain yakni detergen, asam belerang, dan banyak lagi subtansi kimia. Begitu pula dengan peningkatan produksi pertanian untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk, semakin banyak lagi polutan dihasilkan. Seperti pestisida, herbisida, dan nitrat.
Polutan  air  di  dalam  tanah  karena  polutan  tertentu  dapat  membinasakan mikroorganisme yang terdapat pada tanah dan perairan yang sumbernya memiliki peranan penting dari siklus materi pada suatu ekosistem.
Pestisida  meliputi  fungisida,  herbisida,  insektisida,  fimigan,  dan  rodentisida.  Insektisida digolongkan menjadi dua golongan besar; hidrokarbon chloride (chlorinate hydrocarbon), contohnya DDT, aldrin dan lain-lain, serta fosfor organik menyerupai parathion, malathion, dan lain-lain. Sisa pestisida dalam tanah sanggup menjadikan banyak masalah pertanian. Sisa-sisa pestisida terbesar disebabkan oleh penyemprotan atau penggunaan eksklusif dari tanah. Bahaya-bahaya utama dari sisa-sisa insektisida hidrokarbon chloride yakni ancaman terhadap rantai masakan pada suatu ekosistem. DDT yang terdapat pada satu tahun, misalnya, dihisap secara selektif oleh plankton yang akan dimakan oleh ikan kecil yang akan dimakan oleh ikan yang lebih besar lagi. Konsentrasi ini sering disebut sebagai biological magnification.
Insektisida secara tidak eksklusif sanggup menjadikan kanker.  Terlebih  dahulu jaringan rusak lantaran adanya timbunan DDT yang banyak sehingga fungsi jaringan tidak baik lagi untuk menyaring materi penyebab kanker yang masuk melalui makanan. Susunan syaraf insan sanggup terkena tanggapan adanya DDT dalam tubuh, yaitu di susunan saraf pusat. Gejala yang mungkin sanggup timbul sebagai kelelahan, gatal-gatal, kejang, dan hingga timbul kelumpuhan.

Jenis populasi yang dijumpai pada Negara yang sudah berkembang maupun yang sedang berkembang maupun yang sedang berkembang ialah adanya materi plastic. Bila materi tersebut dibuang begitu saja, dia tidak sanggup terurai sehingga akan mencemari perairan maupun tanah lingkungan hidup kita.
Baca jugaPencemaran Tanah: Penyebab dan Pencegahannya [Klik Disini]

c. Polusi Suara 
Kebisingan  yang  berlangsung  sehari-hari  terutama  di  kota  besar,  dengan berkem-bangnya teknologi dan pertumbuhan penduduk yang pesat diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam waktu 20 tahun mendatang. Seperti halnya suhu, berpengaruh lemahnya bunyi sanggup diukur pula, yaitu dipakai satuan decibel (db).
Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui hingga dimana efek bunyi tadi terhadap  organ  tubuh  manusia.  Akibat  yang  dapat  timbul  ialah  hilangnya  daya indera pendengaran secara permanen bila seorang mendengar bunyi dengan kekuatan yang tinggi.
Selama tahun 1968 dan 1969, telah dicatat bahwa orang yang masuk rumah sakit jiwa di London lebih banyak dari kawasan akrab lapangan terbang Heathrow dibandingkan dengan kawasan lainnya yang kurang terganggu oleh bunyi bising pesawat terbang.

Pada dikala ini, kehidupan di kota besar dan kawasan industry terancam lantaran adanya banyak sekali jenis polusi. Pada hakikatnya, bentuk pencemaran yang ada yakni lantaran adanya pencemaran moral. Moral yang menjadi dasar terjadinya pencemaran yang bersifat fisik. Untuk menanggulangi pencemaran harus dilakukan perbaikan terhadap pencemaran budbahasa dan membuatkan sifat mental insan terhadap pengenalan dan pemahaman kembali seluruh nilai-nilai  yang terkandung dalam hubungan insan dengan lingkungannya.
Kebangkitan  materialism,  renainsance,  rasionalisme,  kapitalisme,  serta  pemujaan hasil-hasil ilmu pengetahuan teknologi tidak akan memecahkan duduk masalah jikalau insan tidak  kembali  kepada  kebenaran  mental  dan  moral,  manusia  kembali  ke  hakikat manusiawi yang harmonis dengan aturan kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga: Pencemaran Sungai [Klik Disini]

Belum ada Komentar untuk "✔ Macam Polusi Dan Bahayanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel