✔ Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Kata administrasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu asal kata manus yang artinya tangan dan agere yang berarti melakukan.  Kata-kata itu digabungkan menjadi kata kerja managere yang artinya menangani.  Managere diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dalam bentuk kata kerja to manage, dengan kata benda management,  dan manager untuk orang yang melaksanakan kegiatan manajemen.  Artinya, management  diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi administrasi atau pengelolaan (Usman, 2011: 5).

Pengertian umum perihal administrasi yang disampaikan oleh beberapa ahli. Dari Kathryn . M. Bartol dan David C. Martin yang dikutip oleh A.M. Kadarman SJ dan Jusuf Udaya (1995) memperlihatkan rumusan bahwa:
Manajemen ialah proses untuk mencapai tujuan–tujuan organisasi dengan melaksanakan kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling). Dengan demikian, administrasi ialah sebuah kegiatan yang berkesinambungan.

Sedangkan dari Stoner sebagaimana dikutip oleh T. Hani Handoko (1995) mengemukakan bahwa:
Manajemen ialah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya biar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Manajemen berdasarkan Parker (Stoner & Freeman, 2000) ialah seni melaksanakan pekerjaan melalui orang-orang (the art of getting things done through people).  Meskipun banyak definisi administrasi yang telah diungkapkan para mahir sesuai pandangan dan pendekatannya masing-masing, menyerupai Barnard (1938), Terry (1960), Gray (1982), Manullang (1983), Gitosdarmo (1984), Sukiswa (1986), Siregar & Samadhi (1997), Hitt, et al.(1989), Schermerhon (1996), Wright & Noe (1996), Fattah (1996), Matteson & Ivencevich (1996), Handoko (2003), Gibson (2003), Dressler (2003), dan Casio (2003), namun tidak satupun yang memuaskan.  Walaupun demikian, esensi administrasi sanggup dipandang, baik sebagai proses (fungsi) maupun sebagai kiprah (task) (Usman, 2011: 5).

Sehingga dapatlah kita simpulkan bahwa administrasi ialah ilmu (science) dan seni (art) melaksanakan pekerjaan melalui orang lain dengan menjalankan fungsi administrasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Inilah pengertian berdasarkan Ahli/Pakar tersebut:
Davis (1951):  “management is the fuction of the executive leadership any where” ( administrasi ialah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun).

Drs. Oey Liang Lee mengartikan administrasi ialah ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari insan untuk memilih capaian tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan.

Drs. Oey Liang Lee: Manajemen ialah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya insan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

G.R. Terry ialah suatu proses khas terdiri tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengontrolan yang dilakukan dalam memilih serta mencapai sasaran yang sudah ditetapkan lewat pemanfaatan sumberdaya insan dan lainnya.

G.R. Terry: Manajemen ialah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud yang nyata.

Hilman: Manajemen ialah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Ricky W. Griffin: Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan sanggup dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

William H. Newman: Manajemen ialah fungsi yang berafiliasi dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

Renville Siagian: Manajemen ialah suatu bidang perjuangan yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga mahir tyerlatih serta berpengalaman.

Prof. Eiji Ogawa: Manajemen ialah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi perjuangan dengan terlebih dahulu telah memutuskan sasaran-sasaran untuk kerja yang sanggup disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

Federick Winslow Taylor: Manajemen ialah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap problem yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama insan dengan perilaku dan jiwa seorang sarjana dan dengan memakai alat-alat perumusan.

Henry Fayol: Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

Lyndak F. Urwick: Manajemen ialah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).

Horold Koont dan Cyril O’Donnel ialah suatu perjuangan untuk mencapai tujuan lewat kegiatan orang lain.
James A.F. Stoner ialah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan terhadap sumberdaya organisasi lainnya supaya tujuan organisasi sanggup tercapai sesuai dengan yang ditetapkan.

Kimball and Kimball (1951): ”management embraces all dities and function that pertain to the provicion of necessary is to operate and the selection of the principal office “( administrasi terdiri dari semua kiprah dan fungsi yang mencakup penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diharapkan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

Koontz and Donnel (1972): ” management is getting thing done through the efforts of other people” (manajemen ialah terlaksananya pekerjaan melalui orang-orang lain )

Lawrence A. Appley ialah suatu seni untuk mencapai tujuan tertentu lewat perjuangan yang dilakukan oleh orang lain

 Millet (1954):  ” management is the process of directing and fasilitating the work of people organized informal group to achieve a desire goal” (manajemen ialah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan

Stoner ialah suatu proses dalam menciptakan perencanaan, ppengorganisasian, mengendalikan dan memimpin segala macam perjuangan dari pada anggota organisasi dan memakai segala sumber daya organisasi dalam mencapai sasaran.

Wilson Bangun ialah suatu rangkaian kegiatan yang dikerjakan oleh para anggota organisasi biar tujuan sanggup tercapai dengan rangkaian yang teratur dan tersusun baik.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel