✔ Ekspedisi Lewis Dan Clark

 menjelajahi kawasan Amerika dari sebelah baratlaut Sungai Mississippi hingga samudra Pasif ✔ Ekspedisi Lewis dan Clark
Ekspedisi Lewis dan Clark - .  Meriwether Lewis (1774-1809) dan Willian Clark (1770-1838) menjelajahi kawasan Amerika dari sebelah baratlaut Sungai Mississippi hingga samudra Pasifik.  Perjalanannya disebut Ekspedisi Lewis dan Clark.

Presiden Thomas Jefferson ingin mengetahui lebih banyak ihwal kawasan Louisiana, yang dibeli dari Perancis pada tahun1803.  Ia menunjuk sekretarisnya, Meriwether Lewis dan temannya berjulukan Willian Clar, untuk menjelajahi kawasan tersebut.  Jefferson berharap bahwa mereka akan menemukan jalan darat dan jalan sungai ke Pasifik.

Lewis dan Clark serta lebih dari 30 orang lainnya berangkat dari St. Louis pada tanggal 14 Mei 1804.  Mereka berlayar menyusuri sungai Missouri hingga ke Dakota Utara.  Seorang pemburu berbangsa Perancis dan isterinya Sacagawea, orang Indian Shoshone, bertindak sebagai penunjuk jalan.  Setelah melintasi pegunungan Bitterroot dan Rocky mereka melihat Samudra Pasifik pada tanggal 7 November 1805.

Selama ekspedisi Lewis dan Clark menerima banyak warta yang berharga untuk menciptakan peta pertama ihwal kawasan Amerika yang luas itu.

Selama ekspedisi mereka Lewis dan Clark menempuh jarak 12.872 km dalam 28 bulan.

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-13 Hal. 23.

Belum ada Komentar untuk "✔ Ekspedisi Lewis Dan Clark"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel