✔ Abraham Lincoln; Sang Pemersatu Yang Mati Terbunuh

Abraham Lincoln; Sang Pemersatu yang Mati Terbunuh - . Abraham Lincoln ialah presiden Amerika erikat yang ke-16.  Ia dianggap sebagai salah seorang presiden terbesar Amerika Serikat alasannya ialah kiprahnya memelihara keutuhan negara.
 Abraham Lincoln ialah presiden Amerika erikat yang ke ✔ Abraham Lincoln; Sang Pemersatu yang Mati Terbunuh

Abraham Lincoln dilahirkan di perbatasan Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809.  Keluarganya pindah ke Indiana dan ia dibesarkan dalam keluarga petani.  Ia bersekolah kurang dari setahun dan lebih banyak mencar ilmu sendiri dengan membaca.  Pada tahun 1830, keluarganya pindah ke Illimois.  Abraham Lincoln masuk gelanggang politik dan menjadi anggota dewan legislatif dari tahun 1834 hingga tahun 1841.  Iapun mencar ilmu ilmu aturan dan pada tahun 1836 menjadi pengacara.  Ia terpilih menjadi anggota Congress untuk satu masa jabatan pada tahun 1846.  Pada tahun awal 1850-an beliau mulai menentang perbudakan.  Ia terpilih menjadi presiden pada tahun 1860 dan menghadapi ancaman perang saudara.  Abraham Lincoln menghapuskan perbudakan dengan Emancipation Proclamation pada tahun 1863.  Pada tanggal 14 April 1865 Abraham Lincoln tewas ditembak oleh pemain film John Wilkes Booth.

Dalam debatnya yang populer melawan Stephen A. Douglas pada tahun 1858, Abraham Lincoln mengecam perbudakan.  Dalam pemilihan untuk keanggotaan Senat Amerika Serikat ini, Douglas mengalahkan Lincoln.


Biografi singkat:
Abraham Lincoln
Mantan Presiden Amerika Serikat
Abraham Lincoln ialah Presiden Amerika Serikat yang ke-16, menjabat semenjak 4 Maret 1861 hingga terjadi pembunuhannya. Dia memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan.
Lahir: 12 Februari 1809, Hodgenville, Kentucky, Amerika
Presiden ke-: 16
Dibunuh: 15 April 1865, Washington, D.C., Amerika
Pasangan: Mary Todd Lincoln (m. 1842–1865)
Anak: William Wallace Lincoln, Robert Todd Lincoln, Edward Baker Lincoln, Tad Lincoln
Buku: Lincoln on Race & Slavery, Quotations of Abraham Lincoln, lainnya

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-13 Hal. 24.
Wikipedia

Belum ada Komentar untuk "✔ Abraham Lincoln; Sang Pemersatu Yang Mati Terbunuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel