✔ Arktik; Siapa Yang Sudah Ke Sana?

 Arktik ialah kawasan paling utara di dunia ✔ Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana?
Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana? - . Arktik ialah kawasan paling utara di dunia. Sebagian besar kawasan itu terdiri dari Samudra Arktik, yang membeku hampir sepanjang tahun. Sisanya merupakan padang rumput yang datar tanpa pohon-pohonan dan luas sekali, disebut tundra.

Musin hambar di Arktik merupakan malam yang panjang. Di ekspresi dominan panas harinya panjang sekali dan hampir tidak pernah gelap.

Di kawasan Arktik terdapat banyak binatang, menyerupai beruang kutub, beruang laut, rusa kutub, anjing laut, karibu dan "ikan paus". Selama ekspresi dominan panas banyak burung bersarang dan ratusan tumbuhan bersemi.

Orang pertama yang mencapai Kutub Utara ialah Laksamana Robert E. Peary, seorang Amerika. Dia memimpin ekspedisi ke Kutub Utara pada tahun 1909. Banyak lagi yang telah menjelajahi dan menciptakan peta kawasan Arktik. Orang Amerika lain, Laksamana Muda Richard E. Byrd, ialah yang pertama terbang melintasi Kutub Utara pada tahun 1926.

Pada ekspresi dominan semi dan panas yang singkat di Arktik sapi kasturi makan rumput di tundra.  Rusa kutub dan kereta luncur ialah alat yang baik untuk bepergian melintasi es di kawasan Arktik.

Info lainnya wacana Arktik: 
 Arktik ialah kawasan paling utara di dunia ✔ Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana?
Arktik berasal dari bahasa Yunani yang berarti beruang, ialah sebuah wilayah di sekitar Kutub Utara Bumi. Arktik termasuk bab dari Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Lapland, dan Norwegia (termasuk Svalbard), dan juga Samudra Arktik.

Ada banyak definisi wilayah Arktik. Batasannya biasanya ialah di utara bulat arktik (66° 33’U), yang merupakan batas dari matahari tengah malam dan malam polar. Definisi lainnya menurut iklim dan ekologi, menyerupai 10 °C (50 °F) isoterma (isotherm) Juli, yang juga bekerjasama dengan treeline di sebagian besar Arktik. Secara sosial dan politik, Wilayah Arktik termasuk wilayah utara dari delapan negara Arktik, meskipun dalam ilmu alam definisi dari wilayan ini dianggap sebagai wilayah subarktik.

Arktik merupakan samudra yang luas dan tertutup oleh es, dikelilingi oleh sedikit pohon, tanah beku, juga terdapat organisme yang hidup di es, ikan dan mamalia laut, burung dan beberapa komunitas manusia.

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-2 Hal. 22.
http://id.wikipedia.org/wiki/Arktik

Belum ada Komentar untuk "✔ Arktik; Siapa Yang Sudah Ke Sana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel