✔ Pengertian Bimbingan Dan Konseling Dari Para Ahli

Pengertian Bimbingan dan Konseling dari Para Ahli - .  Secara etimologis kata bimbingan merupakan terjemahan dari kata “Guidance” berasal dari kata kerja “to  Guide” yang memiliki arti “Menunjukan, membimbing, menuntun, ataupun membantantu"  (dalam buku Hallen, A. 2002. Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Ciputat Pers) Cet. 1, htm.3)

Bimbingan dalam Bahasa Indonesia diartikan: “Memberi informasi, yaitu menyajikan pengetahuan yang sanggup dipergunakan untuk mengambil suatu keputusan atau memberitahukan sesuatu sambil menunjukkan nasehat, pengarahan, menuntun kesuatu tujuan (dalam buku W.S.Winkel. 1991. Bimbingan Dan Konseling Di lnstitusi Pendidikan, (Jakarta: PT. Grasindo), Set. I, hlm. 65)

Menurut pendapat Moh. Surya yang dikutip oleh Dewa Ketut Sukardi “Bimbingan ialah suatu proses pemberian pemberian yang terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing biar tercapai kemandirian dalam pemahaman diri dan perwujudan diri, dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan adaptasi diri dengan lingkungannya.”

Menurut Abu Ahmadi (1991: 1), bahwa bimbingan yaitu pemberian yang diberikan kepada individu (peserta didik) biar dengan potensi yang dimiliki bisa membuatkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi kendala guna memilih rencana masa depan yang lebih baik.

Prayitno dan Erman Amti (2004: 99), Bimbingan yaitu proses pemberian pemberian yang dilakukan oleh orang yang hebat kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa; biar orang yang dibimbing sanggup membuatkan kemampuan dirinya sendiri dan berdikari dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan sanggup dikembangkan menurut norma-norma yang berlaku.

Bimo Walgito (2004: 4-5), mendefinisikan bahwa bimbingan yaitu pemberian atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan hidupnya, biar individu sanggup mencapai kesejahteraan dalam kehidupannya.

Chiskolm dalam McDaniel, dalam Prayitno dan Erman Amti (1994: 94), mengungkapkan bahwa bimbingan diadakan dalam rangka membantu setiap individu untuk lebih mengenali banyak sekali informasi wacana dirinya sendiri.

Sedangkan arti dari konseling secara etimologis, konseling merupakan terjemahan dari kata “Counseling’ yang diartikan dengan kata "Counsel" yang beiarti "nasehat" (To Abtain  Counsel), proposal (To Give), pembicaraan (To take counsel).

Koestoer Partowisastro menyebutkan pengertian konseling dalam dua pengertian, yaitu:
  1. Dalam arti luas, konseling yaitu segala ikhtiar dampak psikologis terhadap sesama manusia.
  2. Dalam arti sempit, konseling merupakan suatu relasi yang sengaja diadakan dangan insan lain, dengan maksud biar dengan banyak sekali cara psikologis kita sanggup menghipnotis kepribadiannya sedemikian rupa sehingga sanggup diperoleh suatu imbas tertentu”.
Dengan demikian bimbingan konseling yaitu pemberian pemberian kepada seseorang secara terus menerus dengan cara menunjukkan nasehat, anjuran, pengarahan biar terdapat kemandirian dalam pemahaman diri dan perwujudan diri, dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan adaptasi diri dengan  lingkungannya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Bimbingan Dan Konseling Dari Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel