✔ Banyak Sekali Teori Kepemimpinan

Berbagai Teori Kepemimpinan - .  Berbagai teori kepemimpinan ialah sebagai berikut.
1.Trait Theory
Pemimpin mempunyai ciri-ciri kepribadian dan aksara yang berbeda dengan orang kebanyakan. Contoh kepribadian dan aksara yang dimilki oleh seorang pemimpin yaitu kemampuan pembiasaan terhadap situasi kepekaan sosial, ambisius, asertif, kooperatif, decisive, sanggup diandalkan, keinginan untuk mendominasi, energik, percaya diri, resistance terhadap stres, dan bisa mengemban tanggung jawab. 

2.Behavior Theory
Antara tahun 1940-an sampai 1960-an berkembang teori kepemimpinan tingkah laku. Teori  kepemimpinan  ini  menyatakan  bahwa  tingkah  laku  tertentu  membedakan  antara pemimpin  dan  bukan  pemimpin.  Berdasarkan  teori  ini  kepemimpinan  itu  sanggup diajarkan.Oleh lantaran itu, untuk melahirkan pemimpin yang baik kita bisa mendesain sebuah kegiatan khusus.

3.Situtional Theory (Teori Kemungkinan) 
Teori  ini  menyatakan  kepemimpian  dipengaruhi  oleh  situasi  dimana  faktor-faktor tertentu dari situasi memilih ciri-ciri pemimpin yang sesuai untuk situasi tersebut. Dalam teori ini menyatakan bahwa munculnya pemimpin dalam suatu organisasi tergantung pada aspek  karakteristik  birokrasi,  organisasi  informal,  karakteristik  hubungan  antara  atasan bawahan,rancangan kiprah yang memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri danaspek kesesuaian antara target organisasi dengan target individual para anggotanya (Bennis, 1981). 

4.Teori Kepemimpinan Mutakhir
Dalam  teori  ini  didasarkan  pada  kemampuan  lebih  pada  seseorang  pemimpin dibandingkan dengan yang lain. Yang termasuk ke dalam kajian teori mutakhir ialah teori kepemimpinan  atribusi,  teori  kepemimpinan  karismatik,  teori  kepemimpinan transformasional yang sering dibandingkan dengan teori kepemimpinan transaksional.

Di antara banyak sekali teori mengenai lahirnya paling pemimpin ada tiga diantaranya yang paling menonjol yaitu sebagai berikut.

1.     Teori Genetie
Inti dari teori ini tersimpul dalam mengadakan "leaders are born and not made". bahwa penganut teori ini menyampaikan bahwa seorang pemimpin akan ada lantaran sudah dilahirkan dengan talenta pemimpin. 

2.     Teori Sosial
Jika  teori  ini  menyatakan  bahwa  :"Leaders  are  made  and  not  born".  Penganut- penganut teori ini beropini bahwa setiap orang akan sanggup menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan kesempatan untuk itu.

3.     Teori Ekologis
Teori  ini  merupakan  penyempurnaan  dari  kedua  teori  genetis  dan  teori  sosial. Penganut-penganut teori ini beropini bahwa seseorang hanya sanggup menjadi pemimpin yang  baik  apabila  pada  waktu  lahirnya  telah  memiliki  bakat-  bakat  kepemimpinan, dikembangkan  melalui  pendidikan  yang  teratur  dan  pangalaman-pengalaman  yang memungkinkannya untuk berbagi lebih lanjut bakat-bakat yang memang telah dimilikinya itu. Teori ini menggabungkan segi-segi positif dari kedua teori genetis dan teori sosial dan sanggup dikatakan teori yang paling baik dari teori-teori kepemimpinan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Banyak Sekali Teori Kepemimpinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel