✔ 5 Faktor Yang Menghipnotis Berhasil Tidaknya Supervisi

5 Faktor yang Mempengaruhi Berhasil Tidaknya Supervisi - .  Menurut Purwanto (2004) ada beberapa faktor yang mensugesti berhasil tidaknya supervisi atau cepat-lambatnya hasil supervisi antara lain:
  1. Lingkungan masyarakat daerah sekolah itu berada di kota besar, di kota kecil, maupun di pelosok. Dil ingkungan masyarakat orang-orang kaya atau di lingkungan orang-orang yang pada umumnya kurang mampu. Di lingkungan masyarakat intelek, pedagang, atau petani dan lain-lain.
  2. Besar-kecilnya sekolah yang menjadi tanggung jawab Kepala sekolah/madrasah. Apakah sekolah /madrasah itu merupakan kompleks sekolah yang besar, banyak jumlah guru dan muridnya, mempunyai halaman dan tanah yang luas, atau sebaliknya. 
  3. Tingkatan dan jenis sekolah. Apakah sekolah yang di pimpin itu SD/MI atau sekolah lanjutan, SLTP/MTs, SMU/MA atau Sekolah Menengah kejuruan dan sebagainya semuanya memerlukan perilaku dan sifat supervisi tertentu. 
  4. Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia. Apakah guru-guru di sekolah itu pada umumnya sudah berwenang, bagaimana kehidupan sosial-ekonomi, hasrat kemampuannya, dan sebagainya. 
  5. Kecakapan dan keahlian Kepala sekolah/ madrasah itu sendiri. Di antara faktor-faktor yang lain, yang terakhir ini yakni yang terpenting.
Sumber:
Purwanto, Ngalim, 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Belum ada Komentar untuk "✔ 5 Faktor Yang Menghipnotis Berhasil Tidaknya Supervisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel