✔ Fungsi Bimbingan Konseling

Fungsi Bimbingan Konseling - .  Fungsi bimbingan dan konseling ditinjau dari kegunaan atau manfaat ataupun keuntungan-keuntungan apa yang diperoleh melalui pelayanan tersebut  sanggup dikelompokkan  menjadi  empat fungsi pokok, yaitu:
  1. Fungsi pemahaman, adalah memahami diri klien dan permasalahan yang sedang dihadapinya juga memahami lingiaingan serta latar belakang klien baik oleh konselor maupun individu itu sendiri.
  2. Fungsi pencegahan, adalah mencegah biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan sanggup merugikan diri klien. Untuk itu segala hal yang bekerjasama dengan diri klien harus sanggup perhatian yang khusus dari konselor.
  3. Fungsi pengentasan, adalah untuk mengatasi atau menuntaskan masalah-masalah yang dihadapi siswa biar tidak ada lagi hal yang sanggup menghalangi perkembangannya sehingga siswa sanggup berkembang secara optimal.
  4. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan, adalah untuk memelihara potensi-potensi yang sudah ada pada diri siswa biar dikembangkan secara optimal sesuai dengan minat talenta dan kemampunnnya.
Sedangkan berdasarkan Andi Mappiare, fungsi utama bimbingan dan konseling ada tiga, yaitu:
  1. Fungsi penyaluran (distributive), adalah sebagai pertolongan untuk menyalurkan talenta atau potensi yang ada pada diri siswa biar lebih berkembang. Dan memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menentukan kesempatan yang ada di lingkungan sekolah yang sesuai dengan keadaan mereka.
  2. Fungsi pengadaptasian (adaptive) adalah fungsi bimbingan sebagai pertolongan kepada pihak sekolah biar aktivitas pengajaran sanggup diadaptasi dengan keadaan, bakat, minat dan kebutuhan siswanya biar tujuan pendidikan sanggup tercapai.
  3. Fungsi penyesuaian (adjustive), adalah membantu terciptanya penyesualan antara siswa dengan lingkungannya  baik lingkungan  sekolah, keluarga maupun masyarakat.
Jika fungsi-fungsi tersebut terealisasi dengan baik, maka penerima didik akan bisa berkembang dengan baik dan sanggup menggali seluruh potensi yang ada di dalam penerima didik yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang diiniliki oleh perseita didik tersebut.

Belum ada Komentar untuk "✔ Fungsi Bimbingan Konseling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel