✔ Tujuan Analisis Swot

Tujuan Analisis SWOT - .  SWOT yang merupakan kependekan dari strength (kekuatan/potensi), weakness (kelemahan/masalah), opportunity (kesempatan/peluang), threat (ancaman/ hambatan), memiliki banyak sekali tujuan dalam rangka pencapaian sasaran dari sebuah jadwal yang telah direncanakan sebelumnya.

RD Jatmiko menyebutkan tujuan penggunaan analisis SWOT adalah, “...agar organisasi/perusahaan tersebut bisa memanfaatkan isu perubahan untuk mendapat keunggulan kompetitifnya di masa depan.” (RD. Jatmiko, 2003: 30) Sedangkan Sondang P. Siagian dalam bukunya manajeman strategis menyebutkan bahwa, “Analisis SWOT bertujuan untuk menggambarkan kuantitas dan kualitas banyak sekali sumber daya atau mungkin dikuasainya untuk dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan taktik yang telah ditentukan.” (Sondang P. Siagian, 1998: 32)

Keberhasilan mencari alternatif strategis untuk menyebarkan organisasi/perusahaan merupakan kesuksesan bagi kinerja manajemen, sebaliknya kegagalan dalam menganalisisnya berarti gagal mencari korelasi dan titik temu antara faktor-faktor strategis dalam lingkungan internal dan yang terdapat dalam lingkungan eksternal, sambil mencari hubungannya dengan misi, tujuan, sasaran organisasi.

Pekerjaan analisis SWOT menjadi kiprah pokok dari kelompok koalisi tingkatan atas dan belum bisa didelegasikan kepada tingkatan bawah. Namun bawahan tetap berperan mencari dan mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk mempertajam analisis SWOT. Dengan demikian analisis SWOT sangat membantu bagi para manajer puncak dalam merumuskan keputusan-keputusan startegis yang baik dan tepat.

Dengan demikian dalam dunia pendidikan, sanggup dirumuskan bahwa analisis SWOT merupakan kiprah kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah dalam merencanakan aktivitas ekstra kurikuler.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tujuan Analisis Swot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel