✔ Pengertian Analisis Swot (Analysis Swot)

Pengertian Analisis SWOT (Analysis SWOT) - .  Analisis yakni suatu acara untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui informasi apa yang sedang terjadi, dan tetapkan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah, meneliti terhadap perbuatan atau keadaan yang bahwasanya (Depdikbud RI, 1990: 935).

 Analisis yakni suatu acara untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu  ✔ Pengertian Analisis SWOT (Analysis SWOT)

Adapun istilah SWOT dari banyak sekali rujukan menjelaskan hal yang sama, sebagaimana yang dikemukakan oleh RD Jatmiko dalam bukunya yang berjudul managemen strategic. SWOT merupakan singkatan dari “strength (kekuatan potensi), weakness (kelemahan/masalah), opportunity (kesempatan/ peluang), threat (ancaman/hambatan) (RD. Jatmiko, 2003: 179).

Pengertian SWOT juga sanggup dilihat dari buku materi training manager, kata SWOT diterangkan secara lebih rinci melalui kata demi kata sebagai berikut:
S=Strength (kekuatan/potensi): Suatu keadaan atau kondisi yang ada/dimiliki, yang dianggap/merupakan hal-hal yang baik dalam hal kelola lingkungan.
W=Weakness (kelemahan/masalah): Suatu keadaan atau kondisi yang ada/dimiliki, yang dirasakan/dianggap sebagai hal-hal yang belum/ kurang baik/kurang menyenangkan dalam hal kelola lingkungan.
O=Opportunity (kesempatan/peluang): Suatu keadaan atau kondisi baik yang ada atau yang sudah/akan terjadi di dalam/di sekitar kawasan dalam hal kelola lingkungan.
T=Threat (ancaman/hambatan): Suatu keadaan/kondisi tidak baik yang ada atau yang sudah/akan terjadi di dalam/di sekitar kawasan yang sanggup menghambat/mengancam proses kelola lingkungan (Pro LH Kalimantan, 1996: tp).

Begitu juga Agustinus Sri Wahyudi, dalam bukunya Manajemen Strategik menawarkan klarifikasi wacana SWOT sebagai berikut:
Strength/kekuatan adalah suatu keungulan seumber daya, keterampilan atau kemampuan lainnya yang relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar yang dilayani atau hendak dilayani oleh perusahaan. 
Weakness/kelemahan yakni keterbatasan/kekurangan dalam sumber daya. Keterampilan dan kemampuan yang secara serius menghalangi kinerja efektif suatu perusahaan. 
Opportunity/peluang yakni merupakan situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
Threats/ancaman yakni merupakan situasi utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan (Agustinus Sri Wahyudi, 1996: 68).

Dari beberapa klarifikasi wacana analisis SWOT di atas sanggup disimpulkan bahwa, analisis SWOT merupakan instrumen analisis perusahaan yang memadukan antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal dikelola dengan baik yakni membuatkan potensi yang ada serta mencari solusi terhadap bahaya yang sanggup merugikan perusahaan, dalam perkembangan selanjutnya diadopsi dan dicoba untuk diaplikasikan keberbagai instansi, organisasi, bahkan forum pendidikan.

Sekarang ini banyak forum pendidikan memakai analisis SWOT untuk menciptakan rencana/program hal ini dikarenakan banyak pemimpin sekolah/kepala sekolah sudah menyadari betapa pentingnya analisis SWOT dalam menciptakan sebuah rencana/program sekolah.

Beberapa Pengertian SWOT Liannya:
Analisis SWOT yakni metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan bahaya (threats) dalam suatu proyek ata:-Pu suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk abreviasi SWOT (https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT)

Analisis SWOT yakni suatu bentuk analisis di dalam administrasi perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis sanggup membantu dalam perjuangan penyusunan suatu planning yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.

Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan taktik yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)  dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru.

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk instrumen perencanaan yang terdapat dalam organisasi atau dalam administrasi perusahaan yang secara sistematis sanggup membantu dalam upaya penyusunan suatu planning yang matang, baik itu untuk tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Analisis Swot (Analysis Swot)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel