✔ Piaget Dan Teori Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif

Piaget yaitu seorang tokoh  psikologi kognitif yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan pemikiran para pakar kognitif lainnya.  Menurut Piaget, perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas prosedur biologis perkembangan sistem syaraf.  Dengan makin bertambahnya umur seseorang, maka makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya.  Ketika individu berkembang menuju kedewasaan, akan mengalami pembiasaan biologis dengan lingkungannya yang akan menyebabkan adanya perubahan-perubahan kualitatif didalam struktur kognitifnya.  Piaget tidak melihat perkembangan kognitif sebagai sesuatu yang sanggup didefinisikan secara kuantitatif.  Ia menyimpulkan bahwa daya pikir atau kekuatan metal anak yang berbeda usia akan berbeda pula secara kualitatif.

Menurut Piaget, proses berguru seseorang akan mengikuti teladan dan tahap-tahap perkembangannya sesuai dengan umurnya.  Pola dan tahap-tahap ini bersifat hirarkhis, artinya harus dilalui menurut urutan tertentu dan seseorang tidak sanggup berguru sesuatu yang berada di luar tahap kognitifnya.  Piaget membagi tahap-tahap perkembangan kognitif ini menjadi empat, yaitu :
  1. Tahap sensorimotor (umur 0 - 2 tahun) : [ Klik Disini perihal penjelasannya ]
  2. Tahap preoperasional (umur 2 - 7/8 tahun) : [ Klik Disini perihal penjelasannya ]
  3. Tahap operasional nyata (umur 7 atau 8-11 atau 12 tahun) : [ Klik Disini perihal penjelasannya ]
  4. Tahap operasional formal (umur 11/12-18 tahun) : [ Klik Disini perihal penjelasannya ]
Diresume dari buku :  DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 35-39

Belum ada Komentar untuk "✔ Piaget Dan Teori Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel