✔ Model Pembelajaran Core

Model pembelajaran core yaitu model pembelajaran yang meliputi empat aspek kegiatan yaitu connecting, organizing, reflecting, dan extending. Adapun keempat aspek tersebut ialah :
  • Connecting (C)Merupakan kegiatan mengoneksikan isu usang dan isu gres danantar konsep.
  • Organizing (O)Merupakan kegiatan mengorganisasikan ide-ide untuk memahami materi.
  • Reflecting (R)Merupakan kegiatan memikirkan kembali, mendalami, dan menggali informasiyang sudah didapat.
  • Extending (E)Merupakan kegiatan untuk mengembangkan, memperluas, menggunakan, dan menemukan.
Karakteristik Model pembelajaran Core
Model pembelajaran yang menekankan kemampuan berpikir siswa untuk menghubungkan, mengorganisasikan, mendalami,mengelola, dan menyebarkan isu yang didapat. Dalam model ini acara berpikir sangat ditekankan kepada siswa. Siswa dituntut untuk sanggup berpikir kritis terhadap isu yang didapatnya.Kegiatan mengoneksikan konsep lama-baru siswa dilatih untuk mengingatinformasi usang dan memakai informasi/konsep usang tersebut untuk digunakandalam informasi/konsep baru. Kegiatan mengorganisasikan ide-ide, sanggup melatih kemampuan siswa untuk mengorganisasikan, mengelola isu yang telah dimilikinya. Kegiatan refleksi, merupakan kegiatan memperdalam, menggali isu untuk memperkuat konsep yang telah dimilikinya.

Extending, dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk mengembangkan, memperluasinformasi yang sudah didapatnya dan memakai isu dan sanggup menemukankonsep dan isu gres yang bermanfaat.

Keunggulan dan kelemahan 
Keunggulan
+Siswa aktif dalam belajar
+Melatih daya ingat siswa ihwal suatu konsep/informasi
+Melatih daya pikir kritis siswa terhadap suatu masalah
+Memberikan pengalaman mencar ilmu kepada siswa,karena siswa banyak berperan aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna.

Kelemahan
-Membutuhkan persiapan matang dari guru untuk memakai model ini.
-Menuntut siswa untuk terus berpikir kritis.
-Memerlukan banyak waktu.
-Tidak semua bahan pelajaran sanggup memakai model core.

Sintaks
  1. Membuka pelajaran dengan kegiatan yang menarik siswa yaitu menyanyikanyang mana isi lagu berkaitan dengan bahan yang akan diajarkan.
  2. Penyampaian konsep usang yang akan dihubungkan dengan konsep gres olehguru kepada siswa. Connecting (C),
  3. Pengorganisasian ide-ide untuk memahami bahan yang dilakukan oleh siswadengan bimbingan guru. Organizing (O)
  4. Pembagian kelompok secara heterogen(campuran antara yang pandai, sedang,dan kurang),terdiri dari 4-5 orang.
  5. Memikirkan kembali, mendalami, dan menggali isu yang sudah didapatdan dilaksanakan dalam kegiatan mencar ilmu kelompok siswa. Reflecting (R)
  6. Pengembangan, memperluas, menggunakan, dan menemukan,melalui tugasindividu dengan mengerjakan tugas. Extending (E)

Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Core"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel