✔ Metode Demonstrasi (Demonstration Method); Manfaat, Kelebihan Dan Kelemahan

Metode demonstrasi yaitu metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melaksanakan sesuatu kegiatan, baik secara eksklusif maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan (Muhibbin Syah, 2000).
 yaitu metode mengajar dengan cara memperagakan barang ✔ Metode Demonstrasi (Demonstration Method); Manfaat, Kelebihan dan Kelemahan
Metode demonstrasi yaitu metode yang dipakai untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan materi pelajaran (Syaiful Bahri Djamarah, 2000).

Manfaat psikologis pedadogis dari metode demonstrasi yaitu :
  • a. Perhatian siswa sanggup lebih dipusatkan.
  • b. Proses mencar ilmu siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
  • c. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih menempel dalam diri siswa (Darajat, 1985)
Kelebihan metode demonstrasi sebagai berikut :
  • a. Membantu anak didik memahami dengan terperinci jalannya suatu proses atau kerja suatu benda.
  • b. Memudahkan banyak sekali jenis penjelasan.
  • c. Kesalahan-kesalahan yang terjadi hasil dari cermah sanggup diperbaiki melalui pengamatan dan pola konkret, dengan menghadirkan objek bahu-membahu (Syaiful Bahri Djamarah, 2000).
Kelemahan metode demonstrasi sebagai berikut :
  • a. Anak didik terkadang sukar melihat dengan terperinci benda yang diperuntukkan.
  • b. Tidak semua benda sanggup didemonstrasikan.
  • c. Sukar dimengerti bila didemonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan (Syaiful Bahri Djamarah, 2000).
Sumber : Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 134-135

Artikel Lain perihal Metode Demonstrasi

Demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif, alasannya yaitu membantu siswa untuk mencari balasan dengan perjuangan sendiri menurut fakta atau data yang benar. Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa perihal suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik bahu-membahu atau hanya sekadar tiruan. Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak terlepas dari klarifikasi secara verbal oleh guru. Walaupun dalam proses demonstrasi kiprah siswa hanya sekadar memerhatikan, akan tetapi demonstrasi sanggup menyajikan materi pelajaran lebih konkret. Dalam seni administrasi pembelajaran, demonstrasi sanggup dipakai un-tuk mendukung keberhasilan seni administrasi pembelajaran ekspositori dan inkuiri.
   
1.  Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
Sebagai suatu metode pembelajaran demonstrasi mempunyai beberapa ke-lebihan, di antaranya:
a.    Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan sanggup dihindari, alasannya yaitu siswa disuruh eksklusif memperhatikan materi pelajaran yang dije-laskan.
b.    Proses pembelajaran akan lebih menarik, alasannya yaitu siswa tak hanya mendengar, tetapi juga melihat kejadian yang terjadi.
c.    Dengan cara mengamati secara eksklusif siswa akan mempunyai kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan. Dengan demikian siswa akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran.

Di samping beberapa kelebihan, metode demonstrasi juga mempunyai beberapa kelemahan, di antarannya:
a.    Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang lebih matang, alasannya yaitu tanpa persiapan yang memadai demonstrasi bisa gagal sehingga sanggup menjadikan metode ini tidak efektif lagi. Bahkan sering terjadi untuk menghasilkan pertunjukan suatu proses tertentu, guru harus beberapa kali mencobanya terlebih dahulu, sehingga sanggup memakan waktu yang banyak.
b.    Demonstrasi memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan daerah yang memadai yang berarti penggunaan metode ini memerlukan pembiayaan yang lebih mahal dibandingkan dengan ceramah.
c.    Demonstrasi memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khu-
sus, sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional. Di samping itu demonstrasi juga memerlukan kemauan dan motivasi guru yang cantik untuk keberhasilan proses pembelajaran siswa.

2.    Langkah-langkah Menggunakan Metode Demonstrasi
a.     Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan:
1)    Rumuskan tujuan yang harus dicapai oleh siswa sehabis proses demonstrasi berakhir.
2)    Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan.
3)    Lakukan uji coba demonstrasi.

b.     Tahap Pelaksanaan
1) Langkah pembukaan.
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:
a)    Aturlah daerah duduk yang memungkinkan semua siswa sanggup memperhatikan dengan terperinci apa yang didemonstrasikan.
b)    Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa.
c)    Kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa, contohnya siswa ditugaskan untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.

2) Langkah pelaksanaan demonstrasi.
a)    Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir, contohnya melalui pertanyaanpertanyaan yang me-ngandung teka-teki sehingga mendorong siswa untuk tertarik memperhatikan demonstrasi.
b)    Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari suasana yang menegangkan.
c)    Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memerhatikan reaksi seluruh siswa.
d)    Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.

3)  Langkah mengakhiri demonstrasi.
Apabila demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memperlihatkan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diharapkan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi itu atau tidak. Selain memperlihatkan kiprah yang relevan, ada baiknya guru dan siswa melaksanakan penilaian bersama perihal jalannya proses de-monstrasi itu untuk perbaikan selanjutnya.

Sumber:
ANONYMUS, 2008. STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PEMILIHANNYA. DIREKTORAT TENAGA KEPENDIDIKANDIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

Belum ada Komentar untuk "✔ Metode Demonstrasi (Demonstration Method); Manfaat, Kelebihan Dan Kelemahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel