✔ Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tematik

Metode tanya jawab ialah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi pribadi yang bersifat two ways traffic lantaran pada ketika yang sama terjadi obrolan antara guru dan siswa.  Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab.  Dalam komunikasi ini terlihat adanya kekerabatan timbal balik seara pribadi antara guru.

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam metode tanya jawab ini antara lain :
    a.  Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab
      •  1) Untuk mengetahui hingga sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
      • 2) Untuk merangsang siswa berpikir.
      • 3) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.
      b.  Jenis pertanyaan
      Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan ingatan dan pertanyaan pikiran :
      •  1) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana pengetahuan sudah tertanam pada siswa.  Biasanya pertanyaan berpangkal kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan sejenisnya.
      • 2) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana cara berpikir anak dalam menanggapi sesuatu persoalan.  Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.
      c.  Tenik mengajukan pertanyaan
      Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada teknik guru dalam mengajukan pertanyaannya.  Metode tanya jawab biasanya dipergunakan, apabila :
      • 1) Bermaksud mengulang materi pelajaran.
      • 2) Ingin membangkitkan siswa belajar.
      • 3) Tidak terlalu banyak siswa.
      • 4) Sebagai selingan metode ceramah.
      Sumber : Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 133-134

      Belum ada Komentar untuk "✔ Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tematik"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel