✔ Definisi Administrasi Pendidikan
Manajemen pendidikan sanggup didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, watak mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, dan negara.
Manajemen pendidikan sanggup pula didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Manajemen pendidikan sanggup pula didefinisikan sebagaiproses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien mandiri, dan akuntabel.
Selanjutnya, Bush & Coleman (Usman, 2011: 12) mendefinisikan manajemen pendidikan sebagai berikut, "Educational management is a field of study and practice concernted with the operation of educational organization." Bush menyatakan bahwa hingga ketika ini tidak ada definisi manajemen pendidikan yang sanggup diterima semua pihak. Setiap mahir memberikan definisinya masing-masing sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya.
Meskipun banyak definisi manajemen pendidikan telah diungkapkan para mahir sesuai pendangan dan pendekatannya masing-masing ibarat Gorton (1972), Milsten & Belasco (1973), Hoy & Miskel (2005), Morphet, et al. (1982), Campbell, et al. (1983), Orlosky, et al. (1984), Rebore (1985), Nawawi (1985), Purwanto (1987), Engkoswara (1987), Sutisna (1987), Soepardi (1988), Devung (1988), Siagian (1989), Gutrie & Reed (1991), Sukirman, dkk. (1999), dan Lunenburg & Ornstein (2000); namun tidak satupun yang memuaskan. Walaupun demikian, esensi manajemen pendidikan sanggup dipandang, baik sebagai proses (fungsi) maupun sebagai tugas.
Pustaka:
Usman, Husaini. 2011. Manajemen : Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara. Edisi Ketiga, hal.12.
Manajemen pendidikan sanggup pula didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Manajemen pendidikan sanggup pula didefinisikan sebagaiproses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien mandiri, dan akuntabel.
Baca Juga
Selanjutnya, Bush & Coleman (Usman, 2011: 12) mendefinisikan manajemen pendidikan sebagai berikut, "Educational management is a field of study and practice concernted with the operation of educational organization." Bush menyatakan bahwa hingga ketika ini tidak ada definisi manajemen pendidikan yang sanggup diterima semua pihak. Setiap mahir memberikan definisinya masing-masing sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya.
Meskipun banyak definisi manajemen pendidikan telah diungkapkan para mahir sesuai pendangan dan pendekatannya masing-masing ibarat Gorton (1972), Milsten & Belasco (1973), Hoy & Miskel (2005), Morphet, et al. (1982), Campbell, et al. (1983), Orlosky, et al. (1984), Rebore (1985), Nawawi (1985), Purwanto (1987), Engkoswara (1987), Sutisna (1987), Soepardi (1988), Devung (1988), Siagian (1989), Gutrie & Reed (1991), Sukirman, dkk. (1999), dan Lunenburg & Ornstein (2000); namun tidak satupun yang memuaskan. Walaupun demikian, esensi manajemen pendidikan sanggup dipandang, baik sebagai proses (fungsi) maupun sebagai tugas.
Pustaka:
Belum ada Komentar untuk "✔ Definisi Administrasi Pendidikan"
Posting Komentar