✔ Motivasi Belajar

Motivasi Belajar - .  Motivasi berasal dari kata motif yang artinya kecenderungan hati yang mendorong seseorang untuk melaksanakan sesuatu tindakan.  Motif intinya berkaitan dengan kebutuhan hidup seseorang berupa biologis dan psikologis.  Semakin terang kebutuhan insan yang diinginkan, maka semakin terang pula motif yang melatarbelakanginya.

Dilihat dari proses timbulnya motivasi, maka motivasi mencar ilmu itu sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.  Motivasi intrinsik artinya motivasi yang timbul dari dalam diri anak itu sendiri, menyerupai rasa ingin tahu, rasa ingin maju, dan rasa berkepentingan.  Sedangkan motivasi ekstrinsik artinya motivasi yang timbul dan ditimbulkan sebab dorongan dari luar, menyerupai adanya hadiah atau penghargaan, adanya ulangan, adanya pujian, dan menghindari hukuman..1).

Motivasi ialah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.[2] Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya ialah intensitas, arah, dan ketekunan.[3]

Menurut Mc. Donald, yang dikutip Oemar Hamalik (2003:158) motivasi ialah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan pengertian ini, sanggup dikatakan bahwa motivasi ialah sesuatu yang kompleks.

Motivasi akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri manusia, sehingga akan bergayut dengan duduk perkara tanda-tanda kejiwaan, perasaan dan juga emosi, untuk lalu bertindak atau melaksanakan sesuatu.

Dalam A.M. Sardiman (2005:75) motivasi mencar ilmu sanggup juga diartikan sebagai serangkaian perjuangan untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melaksanakan sesuatu, dan jikalau ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu.

Menurut Siti Sumarni (2005), Thomas L. Good dan Jere B. Braphy (1986) mendefinisikan motivasi sebagai suatu energi aktivis dan pengarah, yang sanggup memperkuat dan mendorong seseorang untuk bertingkah laku. Ini berarti perbuatan seseorang tergantung motivasi yang mendasarinya.

Motivasi ialah sesuatu yang diharapkan untuk melaksanakan aktivitas. Masih dalam artikel Siti Sumarni (2005), motivasi secara harafiah yaitu sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar, untuk melaksanakan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Sedangkan secara psikologi, berarti perjuangan yang sanggup menyebabkan seseorang atau kelompok orang tergerak melaksanakan sesuatu sebab ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya, atau menerima kepuasan dengan perbuatannya. (KBBI, 2001:756).

Dari beberapa pendapat di atas, sanggup diambil kesimpulan bahwa pengertian motivasi ialah keseluruhan daya aktivis baik dari dalam diri maupun dari luar dengan membuat serangkaian perjuangan untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin kelangsungan dan menawarkan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu sanggup tercapai.

Pengertian Motivasi Belajar Anak
Pengertian mencar ilmu berdasarkan Morgan, menyampaikan bahwa mencar ilmu ialah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laris yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman (Wisnubrata, 1983:3). Sedangkan berdasarkan Moh. Surya (1981:32), mencar ilmu ialah suatu proses perjuangan yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang gres keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang sanggup diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, mencar ilmu ialah perubahan dari diri seseorang.

Dari uraian yang tersebut di atas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian motivasi mencar ilmu ialah keseluruhan daya aktivis baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan membuat serangkaian perjuangan untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan menawarkan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek mencar ilmu itu sanggup tercapai...4)

Sumber:
1) Ngalimun dkk. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran.  Yogyakarta: Aswaja Pressindo. (Halaman: 39).
2)^ (Inggris)Mitchell, T. R. Research in Organizational Behavior. Greenwich, CT: JAI Press, 1997, hal. 60-62. 3)^ a b c d e f g h i j Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Hal.222-232 dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi
4) http://belajarpsikologi.com/pengertian-motivasi-belajar/

Belum ada Komentar untuk "✔ Motivasi Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel