✔ Metode Masalah Solving

Metode Problem Solving - .  Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan metode berpikir, alasannya yakni dalam problem solving dapat memakai metode-metode lainnya dimulai dengan mencari data hingga kepada menarik kesimpulan.

Langkah-langkah metode problem solving.
  1. Ada duduk masalah yang terang untuk dipecahkan.  Masalah ini harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya.
  2. Mencari data atau keterangan yang sanggup dipakai untuk memecahkan duduk masalah tersebut.  Misalnya, dengan jalan membaca buku-buku, meneliti, bertanyadan lain-lain.
  3. Menetapkan balasan sementara dari duduk masalah tersebut.  Dugaan balasan ini tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh, pada langkah kedua di atas.
  4. Menguji kebenaran balasan sementara tersebut.  Dalam langkah ini siswa harus berusaha memecahkan duduk masalah sehingga betul-betul yakin bahwa balasan tersebut itu betul-betul cocok.  Apakah sesuai dengan balasan sementara atau sama sekali tidak sesuai.  Untuk menguji kebenaran balasan ini tentu saja diharapkan metode-metode lainnya menyerupai demonstrasi, tugas, diskusi, dan lain-lain.
  5. Menarik kesimpulan.  Artinya siswa harus hingga kepada kesimpulan terakhir perihal balasan dari duduk masalah tadi.
Sumber:
Ngalimun dkk. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. (Halaman: 51-52).

Belum ada Komentar untuk "✔ Metode Masalah Solving"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel