✔ Filsafah Ilmu Alamiah

 Dampak yang penting dalam metode ilmiah yaitu memilih filsafat yang berfungsi sebagai ✔ Filsafah Ilmu Alamiah
Filsafah Ilmu Alamiah - .   Dampak yang penting dalam metode ilmiah yaitu memilih filsafat yang berfungsi sebagai dasar pola ilmiah. Seperti yang telah dikemukakan bahwa yang menjadi objek atau bidang ilmu alamiah yaitu semua bahan dalam alam semesta. Ilmu alamiah meneliti sumber daya alam yang mengaturnya dan segala sesuatu yang terjadi. Apakah yang memilih sesuatu itu sanggup terjadi? Apakah yang mengontrol atau memandu penyebab sesuatu ke arah kesimpulan itu? Jawaban atas pertanyaan itu tergantung pada hasil pemikiran yang diambil dari banyak sekali segi, salah satu segi yaitu filsafat ilmu alamiah.

Seorang ilmuwan juga harus menemukan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang bekerjasama dengan alam semesta, kegunaan ilmu alamiah, harus selalu konsisten dengan metode ilmiah. Filsafat ilmu alamiah hendaknya sanggup diverifikasi keseluruhan atau bagian-bagian melalui analisis eksperimental sehingga mempunyai nilai alamiah. Filsafat yang tidak sanggup diverifikasi tidak akan mempunyai nilai ilmiah, walaupun filsafat itu mempunyai nilai yang baik dalam segi lain dalam pikiran atau pandangan manusia.

Yang menjadi objek I. A yaitu semua bahan dalam alam semesta ini. I.A. meneliti sumber alam yang mengaturnya. Pertanyaan ihwal siapa yang mengatur alam ini merupakan pertanyaan filsafat. Untuk itu ada 4 pandangan ihwal filsafat ilmu alamiah.
  1. Vitalisme: akidah yang menyatakan adanya kekuatan di luar alam.  Kekuatan itu mempunyai peranan esensial yang mengatur segala sesuatu yang terjadi di alam semesta.  Seperti percaya adanya Tuhan.
  2. Mekanisme: pandangan yang menyatakan bahwa penyebab yang mengatur semua gerakan  di alam semesta yaitu Hukum Alam.
  3. Agnotisme: anutan yang melepaskan diri atau tidak mempedulikan ada atau tidaknya Sang Pencipta.
  4. Filsafat pancasila: filsafat bangsa dan negara Indonesia yang sanggup menjebatani filsafat vitalisme dengan mekanisme.
Sumber:
Drs.Maskooerni Jasin.2002. Ilmu Alamiah Dasar. JakartA: PT RajaGrafindo Persada. (Cetakan ke-11, hal.20-23)

Belum ada Komentar untuk "✔ Filsafah Ilmu Alamiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel