✔ Praktik Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam 3 Tahun

Praktik Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Dalam 3 Tahun - .
Dalam menjalankan kiprahnya sebagai pemimpin yang efektif di sekolah, selama periode kepemimpinannya kepala sekolah sanggup melaksanakan hal-hal berikut.

1.    Tahun Pertama
Dalam tahun pertama masa bakti kepemimpinannya, kepala sekolah efektif sanggup melaksanakan hal-hal berikut:
  • a.    Menerima tanggungjawab sebagai kepala sekolah. Jika masih menekankan kepada manajemen dan disiplin, membiarkan guru mengajar di kelas, maka dia perlu merubah wawasannya menuju manajemen sekolah efektif
  • b.    Menetapkan tujuan dan tetapkan norma-norma atas dasar kebijakan yang telah digariskan oleh dinas pendidikan, nilai masyarakat, dan tentunya visinya sendiri wacana sekolah unggul
  • c.    Berkonsentrasi kepada upaya-upaya pembelajaran dan mulai melaksanakan kunjungan kelas
  • d.    Mengembangkan aktifitas dan struktur sesuai dengan tujuan, norma, dan maksud pendidikan
  • e.    Menyusun kalender akademik untuk menghindari kendala mencar ilmu siswa, waktu perencanaan guru, dan seterusnya
  • f.    Mendukung saluran-saluran untuk melaksanakan komunikasi terbuka, pengambilan keputusan, dan problem-solving. Berusaha untuk memantapkan atmosfir kolegial
  • g.    Memperhatikan pertemuan dewan guru dalam memecahkan persoalan
  • h.    Merencanakan pementapan dan orientasi akademik
  • i.    Merencanakan sistem pemberian penghargaan bagi siswa dan staf
  • j.    Berinisiatif membangkitkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat
Baca Juga:  Ciri-Ciri Kepala Sekolah yang Efektif

2.    Tahun Kedua
Di tahun kedua ini, kepala sekolah efektif menindaklanjuti ide-ide pada tahun pertama dengan kegiatan nyata, termasuk:
  • a.    Memantapkan iklim akademik sekolah, impian berprestasi tinggi dalam keterampilan dasar, penilaian kemajuan, dan prestasi siswa. Minat staf harus dikonsentrasikan ke hal-hal tersebut
  • b.    Mendorong kepekaan sekolah terhadap masyarakat
  • c.    Mentransformasi visi sekolah efektif kepada staf, siswa, dan orang tua
  • d.    Beralih dari fokus masalah yang sempit menuju orientasi aktivitas yang lebih luas
  • e.    Tampil percaya diri dan lebih visibel di jalan, kelas, halaman sekolah, dan masyarakat
  • f.    Berinisiatif melaksanakan observasi kelas dan kegiatan supervisi instruksional
  • g.    Menjadwal bencana pembinaan instruksional 
  • h.    Memberi pinjaman secara kontinyu kepada staf selama sesuai dengan tujuan sekolah yang lebih luas
  • i.    Menjalin relasi yang baik dengan komunitas sekolah, termasuk staf, siswa, orang tua, dan lingkungan; selalu memperlakukan staf, siswa, orang tua, dan pihak lain dengan rasa hormat.
3.    Tahun Ketiga
Pada tahun ketiga ini, kepala sekolah efektif intinya menyempurnakan implementasi perubahan iklim dan mekanisme sekolah dan melanjutkan reformasi. Dalam hal ini, kepala sekolah sanggup melaksanakan hal-hal berikut:
  • a.    Melanjutkan menyusun dan mentransformasi tujuan personal dan sekolah yang sejalan dengan pemerintah
  • b.    Memantau proses dan aktivitas instruksional
  • c.    Mengkoordinasikan aktivitas instruksional, dengan memantapkan prestasi
  • d.    Mengambil tugas penting dalam pengembangan aktivitas dan penilaian dan keputusan wacana seleksi materi instruksional
  • e.    Merencanakan dan menjadwal untuk penggunaan material dan sumber daya personil secara optimal 
  • f.    Mengorganisasi pembinaan inservice guru dalam bidang khusus dan teknik pengelolaan kelas
  • g.    Tetap mempertimbangkan riset yang relafan dan gagasan untuk kepemimpinan efektif, sekolah efektif, dan pembelajaran efektif
  • h.    Menyempurnakan standar kinerja guru, siswa, staf, dan diri sendiri.

Belum ada Komentar untuk "✔ Praktik Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam 3 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel