✔ 15 Indikator Kinerja Kepala Sekolah Yang Efektif

15 Indikator Kinerja Kepala Sekolah yang Efektif - .  Berdasarkan langkah-langkah reformatif dan analisis obyektif, maka sanggup dikemukakan indikator-indikator kinerja kepala sekolah efektif di kurun global sebagai berikut:

1.    Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, yang meliputi aktifitas-aktifitas:
a.    Menciptakan situasi kelas yang kondusif
b.    Menumbuhkan siswa (sikap) aktif, kreatif, kritis, dan memahami bahan ajar
c.    Menumbuhkan rasa percaya diri dan saling menghargai sesama
d.    Memotivasi kemampuan siswa untuk memakai media pembelajaran
e.    Siswa mempunyai sumber belajar

Baca Juga: Ciri-Ciri Kepala Sekolah yang Efektif

2.    Menerapkan system penilaian yang efektif dan melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan, dengan menyiapkan dan melaksanakan:
a.    Adanya jadwal penilaian terprogram
b.    Alat penilaian yang standard
c.    Analisa hasil evaluasi/belajar
d.    Pelaksanaan aktivitas perbaikan, pengayaan, dan penghargaan yang berkelanjutan.
e.    Penerapan tutor sebaya/Team Teaching
f.    Penulisan kisi-kisi, soal yang profesional

Baca Juga:  Praktik Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Dalam 3 Tahun

3.    Melakukan refleksi diri ke arah pembentukan huruf kepemimpinan sekolah yang kuat, yang ditunjukkan dengan:
a.    Dapat memberi keteladanan
b.    Komitmen terhadap tugas
c.    Kebersamaan/kekompakan dalam melaksanakan tugas
d.    Implementasi Imtaq/amaliah

4.    Melaksanakan pengembangan staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi, melalui:
a.    Pemberian penghargaan dan hukuman yang sempurna
b.    Pemberian kiprah yang adil dan merata sesuai dengan kemampuan
c.    Memberikan iktikad dan kesempatan untuk menyebarkan kreativitas

5.    Menumbuhkan perilaku responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan, dengan:
a.    Senantiasa mengikuti perkembangan IPTEK dalam PBM (Sarana dan Metode)
b.    Membiasakan warga sekolah berkomunikasi dalam bahasa Inggris (Bahasa Asing)
c.    Membudayakan perilaku selalu ingin maju
d.    Memperluas kolaborasi dengan pihak luar dalam rangka otonomi sekolah
e.    Mengadopsi masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu di segala bidang

6.    Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib (Safe and Orderly), dengan:
a.    Memantapkan tata tertib yang tegas dan konsekuen
b.    Kerjasama yang baik antara sekolah, masyarakat sekitar dan pegawapemerintah keamanan
c.    Menjadikan sekolah yang bebas dari rokok dan Narkoba
d.    Menciptakan rasa kekeluargaan yang tinggi di antara warga sekolah (5 S = Salam, Sapa, Sopan, Senyum, Silaturahim)
e.    Menciptakan nuansa sekolah yang aman, tenteram dan tenang (Taman, Penghijauan, Musik, yang halus)

7.    Menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah, dengan cara:
a.    Memberikan reward kepada guru, siswa yang berprestasi
b.    Memberdayakan MGMP tingkat sekolah/Hari MGMP/Sabtu
c.    Mewajibkan warga sekolah untuk memberdayakan perpustakaan/sumber mencar ilmu lainnya
d.    Peningkatan kualitas kehidupan beragama
e.    Memiliki sasaran mutu yang tinggi dan slogan /motto
f.    Menanamkan rasa mempunyai pada warga sekolah

8.    Menumbuhkan cita-cita prestasi tinggi, dengan:
a.    Mengadakan lomba cepat dalam kegiatan class meeting
b.    Membuat jadwal rutin Olah Raga prestasi
c.    Mendorong siswa untuk mengikuti     perlombaan-perlombaan
d.    Memiliki komitmen dan motivasi yang kuat
e.    Guru hams mempunyai komitmen dan cita-cita tinggi terhadap siswa
f.    Semua harus mempunyai motivasi tinggi untuk berprestasi

9.    Menumbuhkan kemauan untuk berubah, dengan:
a.    Mengikutsertakan guru untuk menambah wawasan
b.    Pemberian motivasi kerja yang tepat
c.    Memberikan kesempatan untuk pengembangan/ peningkatan jenjang karir
d.    Melakukan pembinaan

10.    Melaksanakan Keterbukaan/Transparan Managemen Sekolah, dengan cara:
a.    Membuat Program kerja, yang melibatkan semua warga sekolah
b.    Sosialisasi Program kerja
c.    Melaksanakan Program
d.    Mengadakan Pembinaan secara kontinue
e.    Membuat Laporan hasil pelaksanaan secara periodik
f.    Mengadakan rapat Evaluasi secara periodik

11.    Menetapkan secara terang mewujudkan Visi dan Misi, dengan:
a.    Memberdayakan seluruh komponen sekolah dalam menyusun Visi sekolah
b.    Melibatkan semua komponen sekolah dalam menjabarkan Visi ke dalam indikator yang jelas
c.    Menyusun Misi Realistis yang terdiri dari jangka pendek, menengah dan Panjang untuk mencapai Visi, dengan melibatkan semua komponen sekolah

12.    Melaksanakan pengelolaan tenaga kependidikan secara efektif, dengan:
a.    Memberdayakan disiplin guru dan karyawan
b.    Membudayakan pelayanan prima
c.    Meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan melalui pelatihan-pelatihan atau lainnya
d.    Meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan
e.    Menciptakan iklim kerja yang aman dan kompetitif yang sehat dengan memperlihatkan penghargaan dan sanksi

13.    Melaksanakan pengelolaan sumber mencar ilmu secara efektif, dengan:
a.    Menginfentarisir semua sumber-sumber belajar, di dalam dan di luar sekolah
b.    Menentukan sumber mencar ilmu yang     efektif sesuai kemampuan sekolah
c.    Pengadaan sumber-sumber mencar ilmu sesuai kemampuan
d.    Sosialisasi pemanfaatan semua sumber belajar
e.    Merencanakan pemanfaatan sumber belajar

14.    Melaksanakan pengelolaan kegiatan kesiswaan/ Ekstrakurikuler secara efektif, dengan:
a.    Menginfentarisir sarana prasarana ekstrakurikuler
b.    Menginfentarisir minat dan talenta siswa
c.    Mencari peluang kerjasama dengan pihak lain
d.    Mencari peluang pengadaan dana dari donatur
e.    Menentukan jenis-jenis ekstrakurikuler

15.    Mengembangkan kepemimpinan instruksional, dengan cara:
a.    Mendorong murid untuk bekerja keras mencapai standar prestasi nasional.
b.    Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas instruksional untuk memastikan bahwa kurikulum dan pembelajaran efektif telah diterapkan, didukung dengan penggunaan taktik penilaian secara tepat.
c.    Mengajak semua pihak terkait di sekolah melaksanakan pengambilan keputusan yang didasarkan kepada visi, misi, dan prioritas program.
d.    Memantapkan dan mempertahankan cita-cita berprestasi yang tinggi kepada murid secara rutin dengan melaksanakan best practices dalam kepemimpinan, pembelajaran, dan perbaikan instruksional.
e.    Bekerjasama dengan para guru dan staf dalam mengidentifikasi sumber-sumber dan bahan sesuai dengan kemampuan anggaran.
f.    Bekerjasama dengan guru dan staf dalam memperbaiki dan tetapkan kalender akademik.

Belum ada Komentar untuk "✔ 15 Indikator Kinerja Kepala Sekolah Yang Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel