✔ Ciri-Ciri Kepala Sekolah Yang Efektif
Ciri-Ciri Kepala Sekolah yang Efektif - . Kepala sekolah efektif harus mengetahui mengetahui (a) mengapa pendidikan yang baik dibutuhkan di sekolah, (b) apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan mutu sekolah, dan (c) bagaimana mengelola sekolah untuk mencapai prestasi terbaik. Kemampuan untuk menguasai tanggapan atas ketiga pertanyaan ini akan sanggup dijadikan standar kelayakan apakah seseorang sanggup menjadi kepala sekola efektif atau tidak.
Baca Juga: Kepemimpinan yang Efektif
Secara umum, ciri dan sikap kepala sekolah efektif sanggup dilihat dari tiga hal pokok, yaitu: (a) kemampuannya berpegang kepada gambaran atau visi forum dalam menjalankan tugas; (b) mengakibatkan visi sekolah sebagai pedoman dalam mengelola dan memimpin sekolah; dan (c) memfokuskan aktifitasnya kepada pembelajaran dan kinerja guru di kelas (Greenfield, 1987; Manasse, 1985). Adapun secara lebih detil, deskripsi wacana kualitas dan sikap kepala sekolah efektif sanggup diambil dari pengalaman riset di sekolah-sekolah unggul dan sukses di negara maju.
Baca Juga: Pentingnya Studi Tentang Kepemimpinan Sekolah Efektif
Atas dasar hasil riset tersebut, sanggup dijelaskan ciri-ciri sebagai berikut:
Baca Juga: Kepemimpinan yang Efektif
Secara umum, ciri dan sikap kepala sekolah efektif sanggup dilihat dari tiga hal pokok, yaitu: (a) kemampuannya berpegang kepada gambaran atau visi forum dalam menjalankan tugas; (b) mengakibatkan visi sekolah sebagai pedoman dalam mengelola dan memimpin sekolah; dan (c) memfokuskan aktifitasnya kepada pembelajaran dan kinerja guru di kelas (Greenfield, 1987; Manasse, 1985). Adapun secara lebih detil, deskripsi wacana kualitas dan sikap kepala sekolah efektif sanggup diambil dari pengalaman riset di sekolah-sekolah unggul dan sukses di negara maju.
Baca Juga: Pentingnya Studi Tentang Kepemimpinan Sekolah Efektif
Atas dasar hasil riset tersebut, sanggup dijelaskan ciri-ciri sebagai berikut:
- Kepala sekolah efektif mempunyai visi yang berpengaruh wacana masa depan sekolahnya, dan ia mendorong semua staf untuk mewujudkan visi tersebut
- Kepala sekolah efektif mempunyai keinginan tinggi terhadap prestasi siswa dan kinerja staf
- Kepala sekolah efektif tekun mengamati para guru di kelas dan menawarkan balik yang positif dan konstruktif dalam rangka memecahkan dilema dan memperbaiki pembelajaran
- Kepala sekolah efektif mendorong pemanfaatan waktu secara efisien dan merancang langkah-langkah untuk meminimalisasi kekacauan
- Kepala sekolah efektif bisa memanfaatkan sumber-sumber material dan personil secara kreatif
- Kepala sekolah efektif memantau prestasi siswa secara individual dan kolektif dan memanfaatkan gosip untuk mengarahkan perencanaan instruksional.
- Membatasi kiprahnya sebagai manajer sekolah dan anggaran
- Menjaga dokumen, sangat disiplin
- Berkomunikasi dengan setiap orang sehingga memboroskan waktu dan tenaga
- Membiarkan guru mengajar di kelas
- Memanfaatkan waktu hanya sedikit untuk urusan kurikulum dan pembelajaran (Martin & Millower, 1981; Willower & Kmetz, 1982).
Belum ada Komentar untuk "✔ Ciri-Ciri Kepala Sekolah Yang Efektif"
Posting Komentar