✔ Pengumuman Kelulusan Hasil Ujian Sd/Smp/Sma/Program Paket Tahun 2018

Setelah menuntaskan seluruh rangkaian Ujian Nasional mulai dari ujian tingkat sekolah, ujian praktek, sampai ujian sekolah berstandar nasional, sekarang datang saatnya untuk menunggu jadwal pengumunan kelulusan. Semua peserta ujian dan guru tentu berharap biar menerima hasil yang terbaik dalam gelaran ujian kali ini.

Bagi peserta (siswa), hasil ujian yang baik tentu mempermudah dalam menjalani pendidikan pada jenjang berikutnya. Sedangkan bagi guru/sekolah, hasil ujian nasional sanggup dijadikan materi penilaian perihal tingkat keberhasilan (mutu) pembelajaran yang telah dilaksanakan. Nilai ujian yang baik juga sanggup meningkatkan pamor sekolah yang bersangkutan di mata masyarakat.

Ada kriteria yang digunakan dalam memutuskan kelulusan siswa. Seorang siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Menyelesaikan seluruh jadwal pembelajaran
  2. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik
  3. Mengikuti Ujian Nasional
  4. Lulus USBN sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Berdasarkan pertimbangan di atas, satuan pendidikan (sekolah) memutuskan siswa lulus atau tidak melalui rapat dewan guru.

Mengenai kapan pelaksanaan pengumuman sendiri, bahu-membahu sudah diatur dalam Prosedur Operasional Standar (POS-USBN) Tahun 2018 yang digunakan sebagai acuan/juknis dalam penyelenggaran USBN secara keseluruhan. Pada Bab XIII disebutkan bahwa pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan ketentuan sebagai berikut.

No Jenjang/Jenis Pendidikan Tanggal
1 SD/MI Sederajat 4 Juni 2018
2 SDLB/MILB
3 SMP/MTs sederajat 28 Mei 2018
4 SMPLB/MTsLB
5 SMA/MA sederajat 3 Mei 2018
6 SMALB/MALB
7 SMK/MAK 14 Mei 2018
8 Pendidikan Kesetaraan Program Paket A / Ula
9 Pendidikan Kesetaraan Program Paket B / Wustha 7 Juni 2018
10 Pendidikan Kesetaraan Program Paket C / Ulya

Dengan sudah adanya jadwal pengumuman kelulusan yang dilakukan serentak di atas, tentu mempermudah sekolah dalam melaksanakan persiapan yang dibutuhkan ketika pelaksanaan pengumuman. Termasuk beberapa tindak lanjutnya, menyerupai mencetak Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) sementara yang biasanya dibutuhkan untuk penerimaan siswa gres di jenjang sekolah berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengumuman Kelulusan Hasil Ujian Sd/Smp/Sma/Program Paket Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel