✔ Mengatasi Nuptk Invalid Di Dapodik (Tanda Warning)

Bagi operator sekolah, data dapodik yang bermasalah menciptakan hati serasa kurang tenang. Apalagi kalau melihat milik teman yang dapat berhasil, tapi punya kita tidak, niscaya tanya kesana kemari semoga segera ketemu solusi. Salah satu dilema yaitu munculnya tanda warning pada GTK, dengan keterangan NUPTK invalid.

Hal ini aku alami sendiri. Sempat was-was juga, alasannya yaitu aku sendiri yang jadi operator, namun justru punya aku yang muncul tanda warning, tidak mau centang hijau. Padahal sehabis dicek pada data lain, tidak ada dilema pada NUPTK saya. Datanya sudah benar. Termasuk pada lembar informasi GTK kemarin.

Masalah ini tentu bukan aku saja yang mengalami, banyak juga operator lain yang mengeluhkan hal serupa.

Alhamdulilah, iseng-iseng buka salah satu lembaga operator, ada yang membagikan solusinya. Segera aku buka dapodik  dan menerapkannya, ternyata berhasil. Sama sekali tak terduga, 2 tahun menunggu konfirmasi dari sentra (seperti keterangan di dapodik), ternyata teratasi dengan cara yang mudah.

Nah, semoga keuntungannya dapat lebih luas, kali ini aku ingin membagikannya juga kepada anda. Tentu saja semoga mata anda tak risih lagi melihat tanda warning yang mengganggu itu. Terima kasih kepada rekan operator yang pertama kali membagikan solusi ini.

1. Silahkan klik pada GTK yang bersangkutan, klik sajian “validasi”.

2. Klik kanan pada nama GTK, pilih “Hapus”. Jangan khawatir, ini bukan sajian menghapus data GTK pada dapodik anda.

3. Pilih “Ya”
4. Close, kemudian Refresh.

Nah, tanda warning kini sudah bermetamorfosis centang hijau dan sudah siap untuk sinkronisasi.

Yang lebih menggembirakan lagi, cara tersebut juga bisa dipakai untuk mengatasi warning pada penerima didik. Kalau penerima didik, biasanya disebabkan usia belum mencukupi. Nah bagi anda yang mengalami dilema menyerupai ini, silahkan gunakan cara yang sama menyerupai di atas.

Mudah-mudahan artikel ini membantu anda mengatasi dilema munculnya tanda warning pada GTK lantaran NUPTK Invalid. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "✔ Mengatasi Nuptk Invalid Di Dapodik (Tanda Warning)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel