✔ Http://36.66.211.203/Sipa/ Alamat Login Sipa Online Gerakan Pramuka Jawa Timur

Salam Pramuka! Kakak Pembina yang saya hormati, kini ada kiprah gres wacana pengisian Sistem Pengelolaan Anggota (SIPA) Gerakan Pramuka Jawa Timur. Seperti yang sudah saya praktikkan dan alhamdulillah berhasil, untuk itu saya akan membagikan langkah demi langkah sedetail mungkin (lengkap dengan gambar).

Mungkin banyak yang mengajukan pertanyaan, bagaimana sih caranya memasukkan anggota dan pembina gudep (sekolah) ke dalam aplikasi SIPA, baik yang pa maupun yang pi, baik yang siaga maupun penggalang. Silahkan simak panduan berikut ini secara teliti.

Untuk tautan (link resmi) dari sistem pengelolaan anggota gerakan pramuka Jawa Timur yaitu http://36.66.211.203/sipa/. Kaprikornus bagi kakak yang di luar Jawa Timur, silahkan berkoordinasi dulu dengan Kwarran atau Kwarcab untuk mendapat linknya sebelum melanjutkan membaca panduan ini.

#Memulai Login SIPA Online

Sebelum memulai, pastikan komputer kakak sudah terkoneksi dengan internet. Buka browser (chrome/firefox), kemudian ketikkan http://36.66.211.203/sipa/ atau mudahnya KLIK DISINI.

Pada halaman login, masukkan user dan password yang sudah diberikan. Untuk user, biasanya berupa 7 digit angka berformat CC.RR.GGG. Dua digit pertama “CC” yaitu arahan Kwartir Cabang, dua digit selanjutnya “RR” yaitu arahan Kwartir Ranting, dan tiga digit terakhir “GGG” yaitu nomor urut Gugus Depan.

Tampilan dashboard SIPA Pramuka Online:

#Mengubah Password

Setelah berhasil login, kakak dapat mengubah password  kalau merasa perlu. Caranya, klik nama sekolah di pojok kanan atas layar.

#Mengubah Data Gugus Depan

Langkah berikutnya yaitu mengubah data gugus depan (pangkalan). Di sidebar sebelah kiri, silahkan pilih sajian Gugusdepan. Lengkapi data-data yang masih kosong.

#Memasukkan Anggota Gudep (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina)

Pada bab terpenting ini, ada dua opsi. Opsi pertama yaitu menginput data secara manual (satu per satu), caranya pilih Anggota > Tambah Anggota. Kita dapat pribadi mengisi data anggota satu per satu pada form yang tersedia.

Opsi kedua yaitu menginput data secara kolektif. Sangat disarankan menentukan cara ini untuk efisiensi waktu. Caranya pilih  Anggota > Upload Data Anggota > Download Template Anggota.

Silahkan cari file excel berjulukan template_upload.xls yang sudah terdownload tadi. Masukkan data-data sesuai kolom yang tersedia.

Aturan pengisian:

  1. Nomor Gudep: Isikan nama kwarcab diikuti arahan kwarran dan nomor urut gudep. Contoh: Kota Surabaya 02.177, Pacitan 07.087, Kota Malang 01.069.
  2. Nama : Untuk nama yang terdiri dua kata, isikan di bab Nama Depan dan Nama Belakang. Jika empat kata, masukkan satu nama depan, dua  di bab nama tengah dan satu kata terakhir di nama belakang.

Bila semua telah terisi, silahkan kembali ke SIPA. Jika tampilannya sudah menyerupai ini, berarti file excel sudah siap diupload. Tunggu hingga proses selesai.

#Mengecek Sukses/Tidaknya Upload

Jika pengisian data anggota telah selesai, lakukan pengecekan untuk melihat apakah proses yang kita lakukan tadi sudah berhasil. Untuk memastikan bahwa data terupload sempurna, caranya klik Laporan > Statistik Anggota > Submit. Periksa kebenaran data yang ada.

Demikian panduan pengisian anggota di sistem pengelolaan anggota (SIPA) Gerakan Pramuka Jawa Timur. Selamat bekerja . . .

Belum ada Komentar untuk "✔ Http://36.66.211.203/Sipa/ Alamat Login Sipa Online Gerakan Pramuka Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel