✔ 8 Guru Blogger Indonesia Paling Sukses Dikala Ini, Sumber Ide Dan Motivasi

Sebutan “guru blogger” sebetulnya sanggup bermakna lain. Ada yang menyebut guru blogger itu gurunya para blogger, orang yang andal di dunia blogging (sering dipanggil master, mastah, suhu, dll).

Bukan itu yang aku maksud. Guru blogger berarti orang yang benar-benar bekerja sebagai guru (pendidik), dan di sela aktivitasnya mereka menulis di blog. Ya, mereka menulis dan menyebarkan kepada semua guru seantero Indonesia. Memanjakan para guru untuk lebih gampang dalam menjalankan kiprah mengajarnya.

Karena sudah masuk kategori “sukses”, blog yang mereka kelola tidak main-main. Bukan sembarang blog. Kalau anda mengetikkan kata kunci di google yang berafiliasi dengan pendidikan, maka niscaya yang muncul ialah blog-blog mereka. Tidak mungkin blog yang dikelola ecek-ecek sanggup gampang anda temui di google.

Apa untungnya ngeblog?

Mungkin anda berpikir, “orang-orang yang menulis di blog itu baik ya,”. Apa gak habisin waktu aja, apa sih yang mereka dapat?

Anda benar, mereka baik. Tapi ada satu hal yang mustahil diabaikan para blogger dari kegiatan yang cuma buang-buang waktu ini:

. . . penghasilan.

Menulis di blog kini telah berubah menjadi menjadi suatu perjuangan yang sanggup menghasilkan pundi-pundi uang. Bukan sekedar sarana berbagi. Di kurun yang serba digital ini, mengelola blog dengan serius sanggup menjadi opsi untuk mendapat penghasilan tambahan. (Setidaknya ini kisah yang aku dengar, soalnya aku sendiri juga belum sanggup mendapat penghasilan dari blog :D).

Tapi aku yakin, bagi seorang guru bukan cuma uang yang jadi prioritas. Masih ada hal lain yang sanggup didapat. Inilah laba menjadi guru blogger berdasarkan saya.

1. Personal branding

Selain sebagai guru, kalau sanggup ada sebutan lain yang menempel pada kita. Personal branding akan menciptakan kita gampang dikenal orang. Seperti menjadi penulis buku, pembuat media belajar, dan lainnya. Diantara itu, blogger salah satunya.

Bahkan jikalau blog anda sudah populer dan membantu banyak orang, bukan mustahil penghargaan anda dapat. Seperti yang diraih Deni Ranoptri, peraih Penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan. Tidak main-main, penghargaan itu diberikan oleh Kemdikbud tahun 2015 lalu.

Menggiurkan, bukan? Tapi jangan lupa semua itu bukan terjadi secara instan. Perlu proses dan kerja keras.

2. Relasi

Dengan menciptakan blog, kita jadi punya sarana menjalin silaturahmi dengan orang lain, terutama orang yang seprofesi. Kalau punya banyak teman, apa-apa akan lebih mudah. Kita sanggup meminta tunjangan andai menemui kesulitan. Minimal kalau kita berkunjung ke luar kota atau pulau, kita juga punya sobat yang mungkin sanggup membantu.

3. Penghasilan

Nah, ini yang sepertinya paling diminati banyak orang. Ngeblog jadi sumber penghasilan komplemen selain dari gaji anda mengajar. Darimana uang itu? Saya juga belum terlalu tahu. Tapi rata-rata berasal dari iklan yang nongol di blog mereka.

Disitulah letak tantangannya. Iklan mau tampil tentu saja kalau yang mengunjungi blog sudah banyak. Sehingga kerja keras dan konsistensi menjadi faktor yang sangat menentukan. Harus pintar-pintar juga bagi waktu antara kiprah wajib sekolah dengan memelototi komputer untuk membesarkan blog.

Baca juga: Membuat Blog/Web Sekolah dan Mengubah Domain Menjadi .sch.id

8 Guru Blogger Indonesia Paling Sukses Saat Ini

Baiklah, inilah guru-guru Indonesia yang sukses di dunia blogging. Sekaligus menjadi ilham bagi aku dan anda yang akan mulai mengelola blog.

Perlu diketahui, disini aku tidak mengambil acuan manapun. Label “sukses” ialah versi saya. Namun tentu saja aku tidak asal-asalan. Ada beberapa criteria yang aku pakai untuk menyimpulkan mereka ialah guru blogger paling sukses. Berikut ini kriterianya.

1. Jujur
Niat membantu dan menyebarkan terlihat dari artikel yang mereka buat. Bahkan tak segan pula beberapa yang memperlihatkan aplikasi secara gratis. Padahal aku yakin menciptakan aplikasi semacam itu butuh waktu yang tak sebentar.

Apakah ada blog yang tidak jujur?

Sangat banyak. Lihatlah grup-grup guru di facebook atau medsos lainnya. Banyak yang membagikan link-link bodong. Ada yang judulnya bombastis, “KABAR GEMBIRA!!!! GAJI GURU MENINGKAT PESAT TAHUN INI”. Ironisnya, banyak juga rekan-rekan guru yang men-share gosip menyerupai ini.

Untuk cara gampang membedakan info fakta atau hoax, silahkan membaca Guru Cerdas: Mendeteksi Kabar Hoax di Dunia Maya

2. Konsisten
Selain jujur, artikel di blog mereka juga terus update. Blog sudah menyerupai anggota keluarga sendiri. Harus dirawat dan diperbarui setiap waktu.

Saya sering kagum dengan begitu cepatnya dalam merespon kebijakan baru. Seperti pola ketika diterapkannya Kurikulum 2013, selang beberapa waktu sudah ada yang membagikan Aplikasi Penilaian K-13, berikut RPP dan silabusnya. Tentu saja semua sangat membantu, terutama bagi guru yang aktif mencari di internet.

3. Ada iklannya
Kurang lengkap rasanya kalau menyebut blog itu sukses jikalau belum ada iklan sebagai sumber penghasilannya. Jumlah pengunjung blog yang ada iklannya berbanding lurus dengan berapa penghasilan yang didapat. Meski sekali lagi, bagi orang yang sudah punya pekerjaan tetap sebagai guru, penghasilan sanggup jadi bukan prioritas. Tiap orang tentu punya motivasi sendiri.

Nah, inilah guru blogger paling sukses sebagai ilham buat guru-guru di Indonesia.

1. Deni Ranoptri

Blog: guru sd.web.id
Siapa yang tak kenal guru blogger satu ini. Admin grup facebook “Info Guru” cukup dikenal guru-guru di Indonesia , terutama operator sekolah. Raihan penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2015 ialah bukti bahwa gurusd.net bukan blog biasa, terbukti telah membantu kebutuhan-kebutuhan guru sangat lengkap.

Kabarnya, ia memulai kegiatan blogging dalam situasi yang sulit. Lokasi daerah mengajarnya sulit dijangkau internet. Akibatnya ia harus mencari tempat-tempat tertentu hanya untuk upload postingan.

Tapi itu dulu, kini lihatlah blog miliknya. Hampir tidak ada yang luput dari pembahasan. Mulai dari aplikasi gratis, panduan dapodik, metode mengajar, perangkat pembelajaran. Seperti tidak memberi ruang bagi guru lain mau membahas apa di blognya :D.

2. Aina Mulyana

Blog: ainamulyana.blogspot.com
Seperti yang ditampilkan di blognya, ia ialah pengawas Sekolah Menengah Pertama Disdikbud Kab. Pandeglang. Sesuatu yang mencolok kalau anda berkunjung ke blog ini ialah statistik pengunjung yang mencapai 77 juta lebih. Itu orang semua apa bukan ya?

Semua itu dicapai tentu bukan tanpa alasan. Update informasi seputar pendidikan menjadi andalannya. Meski ada beberapa postingan yang hanya mengcopy dokumen menyerupai peraturan terbaru, pengumuman dll, tetap saja pengabdian ia untuk menyebarkan layak diparesiasi. Dan itu berbuah pada pengunjung yang demikian banyak.

Di blog ini anda tidak akan menemukan aplikasi pembelajaran semacam excel maupun software. Namun untuk modul materi ajar, peraturan terbaru, hingga lowongan kerja akan gampang anda dapatkan.

3. Agus Dwianto

Bergerak...hingga setiap mimpi menjadi nyata.

Itulah motto yang ia tulis di halaman profil blog Sang Pengajar. Bersama Deni Ranoptri, ia terpilih sebagai blog akseptor Anugerah Peduli Pendidikan 2015. Di blog sang pengajar, selain informasi terbaru seputar guru dan pendidikan, anda juga akan menemukan catatan harian beliau. Serta yang paling cantik berdasarkan saya, ialah panduan ICT menyerupai tutorial excel, powerpoint, potoshop, juga ada cara-cara menciptakan mulitimedia pembelajaran.

Tidak salah, selain mengajar IPA ia juga aktif di forum-forum ICT dan multimedia pembelajaran di Kabupaten Wonogiri.

4. Arif Tirtana

Blog: atirta13.com
Mengunjungi blog milik operator sekolah salah satu SD di Garut ini, anda akan disuguhi file-file aplikasi yang sanggup didownload. Kaprikornus blog ini sanggup dibilang lebih dikhususkan bagi anda yang mencari file-file download, menyerupai segala macam aplikasi mulai dari absensi, pengolahan nilai hingga contoh-contoh SK dan soal-soal terbaru.

Bisa jadi dokumen atau aplikasi excel di sekolah anda awalnya berasal dari blog ini.

5. Nurul Hidayah

Blog: nurulhidayah.net
Blog nurulhidayah.net ialah satu dari sedikit blog guru yang menggunakan hosting sendiri, tidak numpang di blogger. Sehingga tampak lebih profesional. Lewat blog tersebut, Nurul Hidayah telah meraih beberapa kejuaran. Diantaranya ialah juara 3 blogger guru (relawan TIK Bojonegoro), Juara 1 lomba blog (HD Pras Center), dan beberapa yang lain.

Selain postingan wacana guru dan sekolah, ia juga menuliskan catatan keseharian yang ia masukkan di label “Curhatku”. Selain itu, tema teknologi dan psikologi juga tak luput dari pembahasannya.

Meski pada karenanya blog miliknya ini multi pembahasan (tidak hanya seputar guru dan pendidikan), tetap saja prestasi yang sudah ia torehkan menjadi bukti ia ialah salah satu guru blogger sukses di Indonesia.

6. Roni Yusron Fauzi

Blog: gurumuda.web.id
Kalau anda mencari infomasi guru terkini, jangan mengunjungi blog ini. Tapi kalau mau cari sumber ilham mengajar dan menulis, blog ini sangat tepat. Itulah kesan pertama aku ketika tersesat ke dalam blog milik guru MI dan MTs di Garut ini

Saya sangat suka dengan blog Guru Muda. Artikelnya fresh dan tidak bergantung “musim apa yang ramai sekarang.” Tulisan-tulisannya menyerupai mengajak terus berkarya di dalam kelas, kemudian membagikannya pada rekan-rekan guru lainnya.

Meski update postingannya tidak sesering blog lain, ia pernah menyabet Penghargaan Internet Sehat Blog dan Content Award (ISBA) Tahun 2012 dan 2013. Itu belum termasuk penghargaan lain yang pernah diraih.

7. Yuviter Pradeska

Blog: guru-id.com
Blog dengan nama “Info Guru Indonesia” ini termasuk yang cukup cepat membagikan kabar-kabar terkini wacana guru dan pendidikan Indonesia. Karena sangat update, jumlah artikelnya terbilang sangat banyak dibanding blog lain. Untuk kategori artikel, cukup banyak mulai dari aplikasi guru, media, perangkat pembelajaran, info PNS, soal ulangan. Pokoknya apa saja menyangkut guru dan pendidikan sanggup anda temukan di blog ini.

8. Defantri Tampubolon

Blog: defantri.com
Saya mengetahui blog ini awalnya lewat media sosial, dimana ia membagikan salah satu artikelnya di salah satu grup. Menurut aku artikelnya menarik, didukung tampilan blog yang juga bagus.

Pembahasan terbanyak di dalam blog ini ialah seputar matematika. Tak heran, ia ketika ini ialah guru matematika di Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Lintongnihuta. Tidak hanya seputar matematika, anda juga sanggup mendapat pola soal-soal OSN berikut pembahasannya, serta buku-buku Kurikulum 2013.

Baiklah, itulah review mengenai 8 guru blogger Indonesia yang berdasarkan aku paling sukses ketika ini. Lumayan buat ngisi hari Minggu sanggup jadi goresan pena menyerupai ini. Tanpa mengurangi rasa kagum pada guru blogger lain, bergotong-royong masih ada guru lain yang juga sukses dengan blognya. Namun alasannya ialah keterbatasan, mustahil aku tulis semua.

Akhirnya, semoga blog di atas semakin sukses dan membawa ilham bagi saya, pembaca, dan seluruh guru Indonesia supaya lebih tekun dan serius lagi dalam menulis dan mengembangkan blog.

Belum ada Komentar untuk "✔ 8 Guru Blogger Indonesia Paling Sukses Dikala Ini, Sumber Ide Dan Motivasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel