✔ Referensi Sk Komite Sekolah Sd Tahun 2020

Contoh SK Komite Sekolah SD Tahun 2020 - Komite Sekolah yaitu forum berdikari yang beranggotakan orangtua/wali akseptor didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite sekolah bertugas diantaranya menawarkan pertimbangan kepada pihak sekolah dalam menciptakan kebijakan ibarat penyusunan rencana kerja anggaran sekolah, pembuatan akomodasi sekolah, kerjasama dengan pihak luar, dan lain-lain.

Selain memberi masukan-masukan, komite sekolah juga berperan dalam melaksanakan pengawasan terhadap jalannya proses pendidikan. Dengan demikian akan terwujud check and balance diantara kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana, dengan komite sebagai pengawasnya.

Apakah komite berperan terhadap kemajuan sekolah?

Sudah pasti. Sekolah yang maju dimanapun berada, niscaya tak lepas dari kiprah komite yang turut mendukung terwujudnya program-program baru. Jika komite bersikap pro aktif, maka sekolah akan lebih gampang dalam merealisasikan ide-ide semoga sekolahnya lebih maju. Sebaliknya, kalau komitenya kurang peduli, dipastikan sekolah akan terhambat alasannya yaitu kurangnya dukungan.

Lalu, siapa yang berhak menjabat sebagai anggota komite sekolah?

Sesuai Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016, anggota komite sekolah berjumlah paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 15 (lima belas) orang, dengan komposisi sebagai berikut:

  • orang tua/wali dari siswa yang masih aktif (paling banyak 50%)
  • tokoh masyarakat (paling banyak 50%)
  • pakar pendidikan (paling banyak 50%)

Pemilihan komite sekolah hendaknya dilakukan secara demokratis melalui rapat orang renta siswa, sehingga benar-benar terpilih anggota yang bisa mengemban kiprah tersebut. Masa jabatan keanggotaan Komite Sekolah sendiri paling usang 3 tahun dan sanggup dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan.

Nah, sehabis anggota komite sekolah terpilih, maka kiprah dari kepala sekolah yaitu menciptakan Surat Keputusan (SK) Komite Sekolah, berikut ini yaitu referensi format SK Komite Sekolah yang bisa anda unduh melalui link di bawah ini:

Contoh SK Komite Sekolah SD Tahun 2020

Demikian warta ihwal referensi SK Komite Sekolah bagi anda yang membutuhkannya. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat..

Belum ada Komentar untuk "✔ Referensi Sk Komite Sekolah Sd Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel