✔ Pola Format Rpp Terbaru 2020 (Sesuai Se Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Sejak dikeluarkannya kebijakan gres oleh Mendikbud ihwal “Merdeka Belajar”, ada empat hal di sekolah yang mengalami perubahan. Keempatnya yakni pelaksanaan USBN, Ujian Nasional, kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru, dan format RPP.

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ibarat kita tahu yakni seperangkat rencana acara mencar ilmu yang disusun guru dengan sedikitnya mencantumkan 13 komponen, mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD dan indikator, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah acara pembelajaran, dan penilaian.

Namun mulai tahun 2020 ini, RPP mengalami penyederhaan. Guru tidak harus mencantumkan semua komponen itu untuk menyiapkan pembelajaran. Alasan penyederhaan ini alasannya yakni dianggap menghabiskan banyak waktu, padahal seharusnya guru dapat lebih fokus untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Apa dasar penyusunan RPP di tahun 2020?

Dasar dari penyusunan RPP kita kali ini yakni Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Disitu dijelaskan bahwa penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Dari 13 komponen RPP yang diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yang menjadi komponen inti yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmen) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

Selain itu, guru juga diberi keleluasaan untuk menentukan dan berbagi format RPP ibarat apa yang diinginkan, dengan berfokus pada keberhasilan mencar ilmu siswa.

Apakah RPP ketika ini harus 1 lembar/halaman?

Mengacu pada hukum di atas, sesungguhnya tidak ada batasan dalam jumlah halaman. Istilah RPP 1 lembar/halaman gres muncul dalam tanya jawab ihwal empat pokok kebijakan merdeka belajar, yang memperbolehkan RPP hanya 1 halaman saja.

Jadi, untuk efektifnya kalau cuma memuat 3 komponen ya sesungguhnya cukup 1 halaman saja. Tapi jikalau harus lebih semisal acara belajarnya cukup padat, dapat lebih dari itu.

Format RPP Terbaru 2020

Dengan melihat peraturan terbaru di atas, disini saya ingin membagikan beberapa format RPP yang sesuai. Jika berminat, silahkan menyimpan file dalam bentuk word berikut ini.

Fomat RPP K13 Tahun 2020 – 1

Untuk yang pertama kita buat RPP yang memuat 3 komponen inti, dengan menyisipkan alat, bahan, dan media pada langkah-langkah pembelajaran.

Format RPP K13 Tahun 2020 – 2

Yang kedua hanya variasi saja, dimana komponen-komponen yang ada dibentuk dalam bentuk tabel.

Format RPP K13 Tahun 2020 – 3

Konsep “Merdeka Belajar” seharusnya menciptakan penyusunan RPP tidak kaku ibarat biasanya, melainkan dapat dibentuk dalam bentuk gambar biar lebih menarik.

Demikian beberapa format RPP dengan menyesuaikan pada Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019. Mudah-muadahan bermanfaat.

Untuk RPP K13 SD yang sudah terisi, akan saya bagikan pada postingan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Format Rpp Terbaru 2020 (Sesuai Se Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel