✔ Peringatan Hari Gizi Nasional Ke 60 Tahun 2020

Hari gizi nasional (HGN) diperingati tiap tanggal 25 Januari. Peringatan ini sebagai bentuk upaya mengkampanyekan kesadaran gizi di tengah masyakarat. Tak terbayang pentingnya gizi bagi hidup kita. Gizi yang baik akan menciptakan pertumbuhan dan perkembangan kita dan bawah umur menjadi optimal.

Sebaliknya kalau gizi tidak tercukupi, maka dilema akan muncul. Apalagi kalau kekurangan gizi itu terjadi pada masa janin dan anak usia dini. Hal itu akan menghambat perkembangan otak dan menurunnya kemampuan berpikir. Ke depan, bawah umur kekurangan gizi akan sulit berprestasi dalam pendidikannya.

Masalah gizi bukan hanya kekurangan gizi, tetapi juga kelebihan gizi. Ini bisa dilihat dari beberapa permasalahan gizi yang terjadi ketika ini diantaranya stunting, underweight, wasting, anemia pada ibu hamil, dan meningkatnya obesitas pada orang dewasa. Masalah ini kalau tidak secepatnya diatasi akan menjadi beban di masa mendatang, alasannya yaitu menghambat produktivitas SDM.

Dengan adanya peringatan hari gizi nasional, harapannya kita sebagai masyarakat kembali berkomitmen untuk menggalakkan gerakan hidup sehat dan terus berupaya memenuhi gizi seimbang bagi diri dan keluarga kita.

Dan terkait peringatan hari gizi nasional (HGN) tahun ini, Kementerian Kesehatan telah merilis penduan kegiatan, yang tema dan tujuan acara sebagai berikut.

Logo

Tema, Slogan, dan Hashtag

Tema : “GIZI Optimal untuk Generasi MILENIAL”
Slogan : “Ayo Kaprikornus MILENIAL Sadar GIZI”
Hashtag : ”#milenialsadargizi #hgn60”

Tujuan

Tujuan peringatan Hari Gizi ke 60 Tahun 2020 yaitu :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan tugas aktif masyarakat khususnya generasi milenial perihal kesehatan dan gizi.
  2. Menyebarluaskan warta dan promosi kepada masyarakat perihal pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.
  3. Meningkatkan tugas media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.
  4. Meningkatkan janji dan kolaborasi antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.

Adapun rangkaian acara di tingkat sentra akan diawali dengan Lomba Fotografi Kesehatan mulai tanggal 6 Januari, dan diakhiri dengan bakti sosial tanggal 1 Februari 2020. Jika berminat, anda juga bisa mengikuti banyak sekali info perlombaan yang diselenggarakan oleh Kemenkes, diantaranya lomba fotografi dan lomba infografis yang berhadiah jutaan rupiah.

Untuk warta lebih lengkap, silahkan mengunduh buku panduannya berikut ini.

Sumber: Buku Panduan HGN ke 60 Tahun 2020

Dengan adanya peringatan ini, tentu kita berharap permasalahan gizi yang terjadi ibarat stunting dan gizi jelek bisa segera teratasi. Di samping, perlu kiranya kita sukseskan jadwal pemerintah dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk diri dan keluarga, membiasakan contoh hidup sehat, dan memnghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan tubuh. Sehingga misi yang ingin dicapai yaitu Menjadi Milenial Sadar Gizi bisa tercapai.

Belum ada Komentar untuk "✔ Peringatan Hari Gizi Nasional Ke 60 Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel