✔ Aliran Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019

Tahukah anda dengan adanya peringatan Hari Olahraga Nasional atau yang biasa disingkat Haornas? Peringatan ini mungkin cukup familiar di kalangan atlit, pelatih, guru olahraga, atau pegiat olahraga lainnya. Namun bagi sebagian masyarakat, masih kurang memahami adanya peringatan hari besar ini.

Ya, Haornas diperingati tiap tahun, tepatnya setiap tanggal 9 September. Peringatan ini membawa pesan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melaksanakan olahraga secara rutin dan secara teratur: baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya.

Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Perlu diketahui, permasalahan terbesar ketika ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah (dibawah 18%). Maka dengan berolahraga diperlukan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesejukan jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang anggun maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya.

Tahun ini memang tidak ada event besar olahraga yang diselenggarakan di Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu, dimana kita menjadi tuan rumah Asian Games yang menorehkan prestasi luar biasa, baik sebagai tuan rumah maupun capaian medali atlit-atlit tanah air.

Namun bukan berarti hal itu mengurangi semarak peringatan Haornas kali ini. Masyarakat diperlukan mengambil momen ini untuk meningkatkan rutinitas berolahraga dalam rangka membangun jiwa dan mental yang sehat.

Tema dan Logo Peringatan Haornas 2019

Tema peringatan Haornas tahun ini yaitu Ayo Olahraga, Di Mana Saja, Kapan Saja.

Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu gampang sebab sanggup dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting supaya masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya sanggup dilakukan di kemudahan olahraga yang tersedia.

Berikut ini logonya:

Adupun untuk daerah puncak program peringatan Haornas tahun ini sudah sanggup dipastikan yaitu Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara tersebut akan digelar pada 8-9 September 2019.

Upacara Bendera Peringatan Haornas

Sudah menjadi ciri khas peringatan hari besar di negara kita yaitu menggelar upacara bendera. Kegiatan upacara dilaksanakan pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat peguruan tinggi/sekolah dan dilaksanakan pada hari Senin, 9 September 2019.

Adapun tata upacara bendera Haornas yaitu sebagai berikut:

  1. Peserta dan petugas upacara siap di daerah upacara
  2. Pemimpin Upacara menyiapkan barisan
  3. Pembina Upacara memasuki daerah upacara
  4. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara
  5. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
  6. Pengibaran bendera Sang Merah Putih (bagi upacara yang dilakukan di lapangan / ruang terbuka)
  7. Pembacaan naskah/teks Pancasila oleh Pembina Upacara diikuti oleh seluruh penerima upacara
  8. Pemberian Tanda Penghargaan di bidang olahraga
  9. Sambutan Pembina Upacara (naskah Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga)
  10. Menyanyikan Mars HAORNAS dan Patriot Olahraga
  11. Pembacaan doa
  12. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
  13. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara
  14. Upacara selesai.

Sumber: Pedoman Haornas Tahun 2019.pdf

Demikian gosip yang sanggup kami bagikan berkenaan dengan salah satu hari besar yang jatuh pada tanggal 9 September, yaitu hari Olahraga Nasional. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Aliran Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel