✔ Model Pembelajaran Open Ended (Oe) - Persoalan Terbuka
Model Pembelajaran Open Ended (OE) - Problem Terbuk. Pembelajaran dengan problem (masalah) terbuka artinya pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan banyak sekali cara (flexibility) dan solusinya juga bisa bermacam-macam (multi jawab, fluency). Pembelajaran ini melatih dan menumbuhkan orisinilitas ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan dan sosialisasi. Siswa dituntut untuk berimprovisasi menyebarkan metode, cara atau pendekatan yang bervariasi dalam memperoleh jawaban, balasan siswa beragam. Selanjutnya siswa juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai balasan tersebut. Dengan demikian, model pembelajaran ini lebih mementingkan proses daripada produk yang akan membentuk contoh pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir.
Sajian problem haruslah kontekstual kaya makna secara matematik (gunakan gambar, diagram, tabel), kembangkan permasalahan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan bahan selanjutnya, siapkan rencana bimbingan (sedikit demi sedikit dilepas mandiri).
Sintaknya adalah menyajikan masalah, perorganisasian pembelajaran, perhatikan dan catat respon siswa, bimbingan dan pengarahan, menciptakan kesimpulan.
Pustaka :
Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Scripta Cendekia.
Sajian problem haruslah kontekstual kaya makna secara matematik (gunakan gambar, diagram, tabel), kembangkan permasalahan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan bahan selanjutnya, siapkan rencana bimbingan (sedikit demi sedikit dilepas mandiri).
Sintaknya adalah menyajikan masalah, perorganisasian pembelajaran, perhatikan dan catat respon siswa, bimbingan dan pengarahan, menciptakan kesimpulan.
Pustaka :
Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Scripta Cendekia.
Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Open Ended (Oe) - Persoalan Terbuka"
Posting Komentar