✔ Jenis-Jenis Metode Simulasi

Simulasi terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :
  1. Sosiodrama : ialah metode pembelajaran bermain tugas untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial, permasalahan yang menyangkut hubungan antara insan ibarat duduk masalah kenakalan remaja, narkoba, citra keluarga yang otoriter, dan lain sebagainya. Sosiodrama dipakai untuk menawarkan pemahaman dan penghayatan akan masalah-masalah sosial serta membuatkan kemampuan siswa untuk memecahkannya.
  2. Psikodrama : ialah metode pembelajaran dengan bermain tugas yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis.  Psikodrama biasanya dipakai untuk trapi, yaitu semoga mahasiswa memperoleh pemahaman yang lebih baik wacana dirinya, menemukan konsep diri, menyatakan reaksi terhadap tekanan-tekanan yang dialaminya.
  3. Role Playing atau Bermain Peran : ialah metode pembelajaran sebagai bab dari simulasi yang diarahkan untuk mengkreasi insiden sejarah, mengkreasi peristiwa-peristiwa aktual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang.  Topik yang sanggup diangkat untuk role playing contohnya memainkan tugas sebagai juru kampanye suatu partai atau citra keadaan yang mungkin muncul pada era teknologi informasi.
  4. Peer Teaching merupakan latihan mengajar yang dilakukan oleh siswa kepada teman-teman calon guru.  Setelah itu peer teaching merupakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan seorang siswa kepada siswa lainnya dan salah satu siswa itu lebih memahami bahan pembelajaran.
  5. Simulasi Game merupakan bermain peranan, para siswa berkompetisi untuk mencapai tujuan tertentu melalui permainan dengan mematuhi peraturan tertentu.
Diresume dari :
Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal.140-141.

    Belum ada Komentar untuk "✔ Jenis-Jenis Metode Simulasi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel