✔ Picture And Picture

 yakni suatu model pembelajaran dengan menggunaan media gambar ✔ Picture And Picture
Model Pembelajaran Picture and Picture yakni suatu model pembelajaran dengan menggunaan media gambar. Dalam oprasionalnya gambar-gambar dipasangkan satu sama lain atau bisa jadi di urutkan menjadi urutan yang logis. Prinsip dasar dalam model pembelajaran kooperatif picture and picture yakni sebagai berikut:
  1. Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
  2. Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok memiliki tujuan yang sama. 
  3. Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi kiprah dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya. 
  4. Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
  5. Setiap anggota kelompok (siswa) membuatkan kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk berguru bersama selama proses belajarnya. 
  6. Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Adapun langkah-langkah dari pelaksanaan Picture and Picture ini berdasarkan Istarani (2011:7) yakni sbb:
  • 1). Guru memberikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Di langkah ini guru diperlukan untuk memberikan apakah yang menjadi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang bersangkutan. Dengan demikian maka siswa sanggup mengukur hingga sejauh mana yang harus dikuasainya. Disamping itu guru juga harus memberikan indicator-indikator ketercapaian KD, sehingga hingga dimana KKM yang telah ditetapkan sanggup dicapai oleh akseptor didik.
  • 2). Memberikan materi pengantar sebelum kegiatan. Penyajian materi sebagai pengantar sesuatu yang sangat penting, dari sini guru menawarkan momentum permulaan pembelajaran. Kesuksesan dalam proses pembelajaran sanggup dimulai dari sini. Karena guru sanggup menawarkan motivasi yang menarik perhatian siswa yang selama ini belum siap. Dengan motivasi dan teknik yang baik dalam pemberian materi akan menarik minat siswa untuk berguru lebih jauh ihwal materi yang dipelajari.
  • 3). Guru menyediakan gambar-gambar yang akan dipakai (berkaitan dengan materi). Dalam proses penyajian materi, guru mengajar siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang ditunjukan oleh guru atau oleh temannya. Dengan Picture atau gambar kita akan menghemat energy kita dan siswa akan lebih gampang memahami materi yang diajarkan. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai guru sanggup memodifikasikan gambar atau mengganti gambar dengan video atau demontrasi yang acara tertentu.
  • 4). Guru menunjuk siswa secara bergilir untuk mengurutkan atau memasangkan gambar-gambar yang ada. Di langkah ini guru harus sanggup melaksanakan inovasi, lantaran penunjukan secara pribadi kadang kurang efektif dan siswa merasa terhukum. Salah satu cara yakni dengan undian, sehingga siswa merasa memang harus menjalankan kiprah yang harus diberikan. Gambar-gambar yang sudah ada diminta oleh siswa untuk diurutkan, dibuat, atau di modifikasi.
  • 5). Guru menawarkan pertanyaan mengenai alasan siswa dalam memilih urutan gambar. Setelah itu ajaklah siswa menemukan rumus, tinggi, jalan cerita, atau tuntutan KD dengan indicator yang akan dicapai. Ajaklah sebanyak-banyaknya kiprah siswa dan sahabat yang lain untuk membantu sehingga proses diskusi dalam PBM semakin menarik.
  • 6). Dari alasan tersebut guru akan mengembangkan materi dan menanamkan Konsep materi yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Dalam proses diskusi dan pembacaan gambar ini guru harus menawarkan penekanan-penekanan pada hal ini dicapai dengan meminta siswa lain untuk mengulangi, menuliskan atau bentuk lain dengan tujuan siswa mengetahui bahwa hal tersebut penting dalam pencapaian KD dan indikator yang telah ditetapkan. Pastikan bahwa siswa telah menguasai indikator yang telah ditetapkan.
  • 7). Guru memberikan kesimpulan. Di simpulan pembelajaran, guru bersama siswa mengambil kesimpulan sebagai penguatan materi pelajaran.
Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Picture and Picture:
Kelebihan:
  1. Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa. 
  2. Melatih berpikir logis dan sistematis. 
  3. Membantu siswa berguru berpikir berdasarkan sudut pandang suatu subjek bahasan dengan menawarkan kebebasan siswa dalam praktik berpikir, 
  4. Mengembangkan motivasi untuk berguru yang lebih baik. 
  5. Siswa dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan kelas.
Kekurangan:
  1. Memakan banyak waktu 
  2. Banyak siswa yang pasif. 
  3. Guru khawatir bahwa akan terjadi kekacauan dikelas.
  4. Banyak siswa tidak bahagia apabila disuruh bekerja sama dengan yang lain 
  5. Dibutuhkan pinjaman fasilitas, alat dan biaya yang cukup memadai.
Sedangkan berdasarkan Istarani (2011:8) kelebihan dan kekurangan Picture And Picture yakni :
Kelebihan Model Pembelajaran Picture And Picture:
  1. Materi yang diajarkan lebih terarah lantaran pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu. 
  2. Siswa lebih cepat menangkap materi asuh lantaran guru memperlihatkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari. 
  3. Dapat meningkat daya kecerdikan atau daya pikir siswa lantaran siswa disuruh guru untuk menganalisa gambar yang ada. 
  4. Dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, lantaran guru menanyakan alasan siswa mengurutkan gambar. 
  5. Pembelajaran lebih berkesan, lantaran siswa sanggup mengamati pribadi gambar yang telah dipersiapkan oleh guru.
Kelemahan Model Pembelajaran Picture And Picture:
  1. Sulit menemukan gambar-gambar yang manis dan berkulitas serta sesuai dengan materi pelajaran. 
  2. Sulit menemukan gambar-gambar yang sesuai dengan daya kecerdikan atau kompetensi siswa yang dimiliki. 
  3. Baik guru ataupun siswa kurang terbiasa dalam memakai gambar sebagai materi utama dalam membahas suatu materi pelajaran. 
  4. Tidak tersedianya dana khusus untuk menemukan atau mengadakan gambar-gambar yang diinginkan

Belum ada Komentar untuk "✔ Picture And Picture"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel