✔ Administrasi Komponen-Komponen Sekolah

Manajemen sekolah (School management) merupakan faktor yang terpenting dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang keberhasilannya diukur oleh prestasi tamatan (out put), oleh alasannya yakni itu dalam menjalankan kepemim-pinan,  harus berpikir  “sistem” artinya dalam penyeleng-garaan  pendidikan di sekolah subtansi-subtansi pendidikan disuatu sekolah atau administrasi berbasis sekolah (School Based Management) harus berfungsi optimal.

Agar sanggup berjalan dengan baik dan benar-benar terintegrasi dalam suatu sistem kolaborasi untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien hal yang paling penting dalam implementasi School Based Management yakni administrasi terhadapat komponen-komponen sekolah itu sendiri.
Setiap satuan pendidikan perlu memperhatikan komponen-komponen Manajemen Sekolah. Dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah beberapa komponen sekolah yang perlu dikelola yaitu kurikulum dan aktivitas pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, Keuangan, sarana dan prasarana pendidikan, penge-lolaan hubungan sekolah dan masyarakat, serta administrasi pelayanan khusus forum pendidikan (Mulyasa ,2009: 39).
  1. Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran (Klik Disini)
  2. Manajemen Tenaga Kependidikan (Klik Disini)
  3. Manajemen Kesiswaan (Klik Disini)
  4. Manajemen Keuangan dan Pembiayaan (Klik Disini)
  5. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Klik Disini)
  6. Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (Klik Disini)
  7. Manajemen Layanan Khusus (Klik Disini)
  8. Manajemen Waktu (Klik Disini)

Belum ada Komentar untuk "✔ Administrasi Komponen-Komponen Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel