✔ Kesalahan Penentuan Responden (Mis-Specification Of Sample Subjects)
Sumber kesalahan embel-embel dalam survei sampel yaitu disebabkan oleh kesalahan penetapan responden dari beberapa anggota sampel. Pada umumnya para peneliti mengasumsikan bahwa responden dan nonresponden mewakili lapisan-lapisan serupa dari populasi padahal bersama-sama ini merupakan masalah yang jarang terjadi. Sebagai pola dalam survei konsumen yang menjadi nonresponden umumnya yaitu kaum pekerja dan responden biasanya yaitu ibu rumah tangga, dalam survei pendapat umum nonresponden (mereka yang menyatakan ‘tidak punya pendapat’) biasanya yaitu anggota-anggota sampel yang sudah sangat mapan, yang pada umumnya lebih menyukai hal-hal menyerupai apa adanya. Peneliti sanggup mempunyai efek yang jauh lebih eksklusif terhadap keslahan akhir ketidaktepatan penentuan responden. Usaha-usaha yang berkesinambungan sanggup dilakukan untuk mencari responden yang sempurna atau dalam kasus-kasus tertentu responden sanggup digantikan dengan yang lain yang dipilih secara acak.
Dalam kaitannya dengan kesalahan sampling, pengalaman yaitu petunjuk terbaik untuk dipakai dalam mengenali sumber kesalahan dalam survei sampling. Para individu atau tubuh yang merancang atau melaksanakan banyak sekali survei dari tipe tertentu (misalnya pendapat umum, penelitian pasar, audit persediaan dan sebagainya) menyebarkan reputasi untuk mengantisipasi adanya kemungkinan perangkap tertentu yang mungkin ada dalam survei. Atas dasar pengalaman yang diperoleh, mereka akan lebih bisa merancang sampling dan metode survei untuk menghindari sumber bias dan kesalahan umum yang sanggup dikendalikan sekaligus meminimumkan dampak dari sumber kesalahan yang tidak sanggup dikendalikan.
Dalam kaitannya dengan kesalahan sampling, pengalaman yaitu petunjuk terbaik untuk dipakai dalam mengenali sumber kesalahan dalam survei sampling. Para individu atau tubuh yang merancang atau melaksanakan banyak sekali survei dari tipe tertentu (misalnya pendapat umum, penelitian pasar, audit persediaan dan sebagainya) menyebarkan reputasi untuk mengantisipasi adanya kemungkinan perangkap tertentu yang mungkin ada dalam survei. Atas dasar pengalaman yang diperoleh, mereka akan lebih bisa merancang sampling dan metode survei untuk menghindari sumber bias dan kesalahan umum yang sanggup dikendalikan sekaligus meminimumkan dampak dari sumber kesalahan yang tidak sanggup dikendalikan.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kesalahan Penentuan Responden (Mis-Specification Of Sample Subjects)"
Posting Komentar