✔ Pengertian Seni Administrasi Pembelajaran
Kompetensi Supervisi Akademik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengawas satuan pendidikan. Kompetensi ini berke-naan dengan kemampuan pengawas dalam rangka training dan pengem-bangan kemampuan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan bim-bingan di sekolah/satuan pendidikan. Secara spesifik pengawas satuan pendi-dikan harus mempunyai kemampuan untuk membantu guru dalam mengembang-kan taktik pembelajaran, serta sanggup menentukan taktik yang sempurna dalam ke-giatan pembelajaran.
Strategi merupakan perjuangan untuk memperoleh kesuksesan dan keberha-silan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan taktik sanggup diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976). Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai perencanaan yang berisi wacana rangkaian acara yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan planning tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pe-manfaatan banyak sekali sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang di-susun untuk mencapai tujuan tertenu. Dalam hal ini ialah tujuan pembela-jaran.
Baca Juga: Definisi Strategi Pembelajaran Menurut Ahli
Pada mulanya istilah taktik banyak dipakai dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenang-kan suatu peperangan. Sekarang, istilah taktik banyak dipakai dalam ber-bagai bidang acara yang bertujuan memperoleh kesuksesan atau keberha-silan dalam mencapai tujuan. Misalnya seorang manajer atau pimpinan peru-sahaan yang menginginkan laba dan kesuksesan yang besar akan me-nerapkan suatu taktik dalam mencapai tujuannya itu, seorang pelatih akan tim basket akan menentukan taktik yang dianggap sempurna untuk sanggup meme-nangkan suatu pertandingan. Begitu juga seorang guru yang mengharapkan hasil baik dalam proses pembelajaran juga akan menerapkan suatu taktik biar hasil mencar ilmu siswanya menerima prestasi yang terbaik.
Strategi pembelajaran ialah suatu acara pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa biar tujuan pembelajaran sanggup dicapai secara efek-tif dan efisien. Kemp (1995). Dilain pihak Dick & Carey (1985) menyatakan bahwa taktik pembelajaran ialah suatu set materi dan mekanisme pembela-jaran yang dipakai secara tolong-menolong untuk menjadikan hasil mencar ilmu pada siswa.
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh se-orang instruktur, guru, widyaiswara dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3 jenis taktik yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni: (a) taktik pengorganisasian pembelajaran, (b) taktik penyampaian pembelajaran, dan (c) taktik pengelolaan pembelajaran.
1. Strategi Pengorganisasian Pembelajaran
Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) menyatakan taktik mengorga-nisasi isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada ca-ra untuk menciptakan urutan dan mensintesis fakta, konsep, mekanisme dan prinsip yang berkaitan.
Strategi pengorganisasian, lebih lanjut dibedakan menjadi dua jenis, ya-itu taktik mikro dan taktik makro. Startegi mikro mengacu kepada metode untuk pengorganisasian isi pembelajaran yang berkisar pada satu konsep, atau mekanisme atau prinsip. Strategi makro mengacu kepada metode untuk mengor-ganisasi isi pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu konsep atau prose-dur atau prinsip.
Strategi makro berurusan dengan bagaimana memilih, menata urusan, menciptakan sintesis dan rangkuman isi pembelajaran yang saling berkaitan. Pe-milihan isi berdasarkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mengacu pa-da penentapan konsep apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Pena-taan urutan isi mengacu pada keputusan untuk menata dengan urutan tertentu konsep yang akan diajarkan. Pembuatan sintesis diantara konsep mekanisme atau prinsip. Pembauatn rangkuman mengacu kepada keputusan wacana ba-gaimana cara melaksanakan tinjauan ulang konsepnserta kaitan yang sudah dia-jarkan.
2. Strategi Penyampaian Pembelajaran.
Strategi penyampaian isi pembelajaran merupkan komponen variabel
metode untuk melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi taktik penyam-paian pembelajaran adalah: (1) memberikan isi pembelajaran kepada pebe-lajar, dan (2) menyediakan gosip atau bahan-bahan yang dibutuhkan pe-belajar untuk menampilkan unjuk kerja.
3. Strategi Pengelolaan Pembelajaran
Strategi pengelolaan pembelajaran merupakan komponen variabel me-tode yang berurusan dengan bagaimana menata interaksi antara pebelajar de-ngan variabel metode pembelajaran lainnya. Strategi ini berkaitan dengan pe-ngambilan keputusan wacana taktik pengorganisasian dan taktik penyam-paian mana yang dipakai selama proses pembelajaran. Paling tidak, ada 3 (tiga) pembagian terstruktur mengenai penting variabel taktik pengelolaan, yaitu penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan mencar ilmu siswa, dan motivasi.
Strategi merupakan perjuangan untuk memperoleh kesuksesan dan keberha-silan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan taktik sanggup diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976). Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai perencanaan yang berisi wacana rangkaian acara yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan planning tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pe-manfaatan banyak sekali sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang di-susun untuk mencapai tujuan tertenu. Dalam hal ini ialah tujuan pembela-jaran.
Baca Juga: Definisi Strategi Pembelajaran Menurut Ahli
Baca Juga
Pada mulanya istilah taktik banyak dipakai dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenang-kan suatu peperangan. Sekarang, istilah taktik banyak dipakai dalam ber-bagai bidang acara yang bertujuan memperoleh kesuksesan atau keberha-silan dalam mencapai tujuan. Misalnya seorang manajer atau pimpinan peru-sahaan yang menginginkan laba dan kesuksesan yang besar akan me-nerapkan suatu taktik dalam mencapai tujuannya itu, seorang pelatih akan tim basket akan menentukan taktik yang dianggap sempurna untuk sanggup meme-nangkan suatu pertandingan. Begitu juga seorang guru yang mengharapkan hasil baik dalam proses pembelajaran juga akan menerapkan suatu taktik biar hasil mencar ilmu siswanya menerima prestasi yang terbaik.
Strategi pembelajaran ialah suatu acara pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa biar tujuan pembelajaran sanggup dicapai secara efek-tif dan efisien. Kemp (1995). Dilain pihak Dick & Carey (1985) menyatakan bahwa taktik pembelajaran ialah suatu set materi dan mekanisme pembela-jaran yang dipakai secara tolong-menolong untuk menjadikan hasil mencar ilmu pada siswa.
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh se-orang instruktur, guru, widyaiswara dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3 jenis taktik yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni: (a) taktik pengorganisasian pembelajaran, (b) taktik penyampaian pembelajaran, dan (c) taktik pengelolaan pembelajaran.
Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) menyatakan taktik mengorga-nisasi isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada ca-ra untuk menciptakan urutan dan mensintesis fakta, konsep, mekanisme dan prinsip yang berkaitan.
Strategi pengorganisasian, lebih lanjut dibedakan menjadi dua jenis, ya-itu taktik mikro dan taktik makro. Startegi mikro mengacu kepada metode untuk pengorganisasian isi pembelajaran yang berkisar pada satu konsep, atau mekanisme atau prinsip. Strategi makro mengacu kepada metode untuk mengor-ganisasi isi pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu konsep atau prose-dur atau prinsip.
Strategi makro berurusan dengan bagaimana memilih, menata urusan, menciptakan sintesis dan rangkuman isi pembelajaran yang saling berkaitan. Pe-milihan isi berdasarkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mengacu pa-da penentapan konsep apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Pena-taan urutan isi mengacu pada keputusan untuk menata dengan urutan tertentu konsep yang akan diajarkan. Pembuatan sintesis diantara konsep mekanisme atau prinsip. Pembauatn rangkuman mengacu kepada keputusan wacana ba-gaimana cara melaksanakan tinjauan ulang konsepnserta kaitan yang sudah dia-jarkan.
2. Strategi Penyampaian Pembelajaran.
Strategi penyampaian isi pembelajaran merupkan komponen variabel
metode untuk melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi taktik penyam-paian pembelajaran adalah: (1) memberikan isi pembelajaran kepada pebe-lajar, dan (2) menyediakan gosip atau bahan-bahan yang dibutuhkan pe-belajar untuk menampilkan unjuk kerja.
3. Strategi Pengelolaan Pembelajaran
Strategi pengelolaan pembelajaran merupakan komponen variabel me-tode yang berurusan dengan bagaimana menata interaksi antara pebelajar de-ngan variabel metode pembelajaran lainnya. Strategi ini berkaitan dengan pe-ngambilan keputusan wacana taktik pengorganisasian dan taktik penyam-paian mana yang dipakai selama proses pembelajaran. Paling tidak, ada 3 (tiga) pembagian terstruktur mengenai penting variabel taktik pengelolaan, yaitu penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan mencar ilmu siswa, dan motivasi.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Seni Administrasi Pembelajaran"
Posting Komentar