✔ Guru Sebagai Sumber Belajar

Peran guru sebagai sumber belajar, merupakan kiprah yang sangat penting. Peran sebagai sumber mencar ilmu berkaitan dekat dengan penguasaan materi pelajaran. Kita sanggup menilai baik atau tidaknya seorang guru hanya dari penguasaan materi pelajaran. Dikatakan guru yang baik manakala ia sanggup mengu-asai materi pelajaran dengan baik, sehingga benar-benar ia berperan sebagai sumber mencar ilmu bagi anak didiknya. Apapun yang ditanyakan siswa sekaitan dengan materi pelajaran yang sedang diajarkannya, ia akan sanggup menjawab dengan penuh keyakinan. Sebaliknya dikatakan guru yang kurang baik manakala ia tidak paham ihwal materi yang diajarkannya. Ketidak pahaman ihwal materi pelajaran biasanya ditunjukkan oleh perilaku-perilaku tertentu contohnya teknik penyampaian materi pelajaran yang monoton, ia lebih sering duduk di bangku sambil membaca, suaranya lemah, tidak berani melaksanakan kontak mata dengan siswa, miskin dengan ilustrasi dan lain sebagainya. Peri-laku guru yang demikian sanggup menyebabkan hilangnya akidah pada  diri siswa, sehingga guru akan sulit mengendalikan kelas.

Sebagai sumber mencar ilmu dalam proses pembelajaran hendaknya guru melaksanakan hal-hal sebagai berikut:
1)    Guru harus mempunyai materi acuan yang lebih banyak dibandingkan de-ngan siswa. Hal ini untuk menjaga semoga guru mempunyai pemahaman yang lebih baik ihwal materi yang akan dikaji bersama siswa. Dalam perkem-bangan teknologi gosip yang sangat cepat, sanggup terjadi siswa lebih ”pintar” dibandingkan guru dalam hal penguasaan informasi. Oleh alasannya yaitu itu, untuk menjaga semoga guru tidak ketinggalan informasi, sebaiknya guru mempunyai bahan-bahan reference yang lebih banyak dibandingkan siswa. Misalnya melacak bahan-bahan dari internet, atau dari materi cetak terbitan terakhir, atau banyak sekali gosip dari media masa.
2)    Guru sanggup memperlihatkan sumber mencar ilmu yang sanggup dipelajari oleh siswa yang biasanya mempunyai kecepatan mencar ilmu di atas rata-rata siswa yang lain. Siswa yang demikian perlu diberikan perlakuan khusus, contohnya dengan memperlihatkan materi pengayaan dengan memperlihatkan sumber mencar ilmu yang berkenaan dengan materi pelajaran.

Baca Juga

3)    Guru perlu melaksanakan pemetaan ihwal materi pelajaran, contohnya dengan memilih mana materi inti (core), yang wajib dipelajari siswa, mana  materi pelengkap mana materi yang harus diingat kembali lantaran pernah di bahas dan lain sebagainya. Malalui pemetaan semacam ini akan memudahkan bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai sumber belajar.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Guru Sebagai Sumber Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel