✔ 9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam K-13
9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 adalah
Pembelajaran mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut:
Pembelajaran mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.
- Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling bersahabat dengan kehidupan penerima didik.
- Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan aneka macam konsep, keterampilan dan sikap.
- Sumber berguru tidak terbatas pada buku.
- Peserta didik sanggup bekerja secara berdikari maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik acara yang dilakukan
- Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biar sanggup mengakomodasi penerima didik yang mempunyai perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.
- Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak sanggup dipadukan sanggup diajarkan tersendiri.
- Memberikan pengalaman eksklusif kepada penerima didik (direct experiences) dari hal-hal yang kasatmata menuju ke abstrak.
- Kegiatan pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan acara pembelajaran, melainkan bentuk acara pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru sanggup melaksanakan penyesuaikan.
Sumber:
SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI) ttg TEMATIK TERPADU oleh KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI) ttg TEMATIK TERPADU oleh KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
Belum ada Komentar untuk "✔ 9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam K-13"
Posting Komentar