✔ 9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam K-13

9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 adalah
Pembelajaran mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.
  2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling bersahabat dengan kehidupan penerima didik.
  3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan aneka macam konsep, keterampilan dan sikap.
  4. Sumber berguru tidak terbatas pada buku.
  5. Peserta didik sanggup bekerja secara berdikari maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik acara yang dilakukan
  6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biar sanggup mengakomodasi penerima didik yang mempunyai perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.
  7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak sanggup dipadukan sanggup diajarkan tersendiri.
  8. Memberikan pengalaman eksklusif kepada penerima didik (direct experiences) dari hal-hal yang kasatmata menuju ke abstrak.
  9. Kegiatan pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan acara pembelajaran, melainkan bentuk acara pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru sanggup melaksanakan penyesuaikan.
Sumber:
SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH  (SD/MI) ttg TEMATIK TERPADU oleh KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016

Belum ada Komentar untuk "✔ 9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam K-13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel