✔ Tips Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Orang bilang usia 2 tahun itu yakni usia lucu-lucunya anak. Tak heran, jika ada tetangga atau saudara datang, mereka niscaya tak kuasa menahan untuk menggendong, mencium atau sekedar menggoda. Nah, bagi anda yang punya anak usia 2 tahun, ada baiknya memahami bagaimana cara mendidiknya.

Hal pertama yang cukup penting dalam mendidik anak usia 2 tahun yakni dengan mengajaknya berbicara atau mengobrol. Contoh sederhananya yakni menoleh ketika dipanggil namanya, hal itu pertanda otak si anak bisa menyerap gosip dengan baik. Pilihlah kata yang mudah dan bisa dilihat atau dirasakan anak secara langsung

Cara mendidik anak usia 2 tahun lainnya yakni dengan membacakan beliau cerita. Salah satu pakar pendidikan Dr. Rosmarie Truglio menyampaikan bahwa membacakan kisah bisa meningkatkan keterampilan berbahasa si anak. Makara meskipun hanya sekedar mendengarkan, si anak secara tidak eksklusif bisa menyerap gosip gres berupa kosakata atau istilah-istilah gres yang ia dengarkan.

Selain itu sebagai orang tua, anda juga harus bisa masuk ke dalam dunianya. Bukan berarti kembali jadi anak usia 2 tahun, namun jalin kekerabatan emosional sehingga anda menjadi lebih dekat. Untuk anak usia dua tahun, mungkin anda bisa mengajarkan permainan sederhana kepada anak anda. Misalnya ibarat bermain menyusun balok, mencocokkan bentuk benda, mendengarkan music, dan sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa memperdengarkan musik kepada anak bisa meningkatkan IQ dan menciptakan daya ingat si anak lebih tajam. Maka dari itu, semenjak kecil anda bisa mengajarkan kepada si anak mengenai suara nada-nada, alat-alat music, bernyanyi dan sebagainya. Secara tidak eksklusif anda juga bisa memperdengarkan si anak lagu-lagu klasik atau lagu jazz untuk meningkatkan tumbuh kembang otak anak.

Selain mendengarkan musik, mengajarkan perihal musik pada anak juga penting. Tidak usah muluk-muluk, sederhana saja, ajarkan beliau lagu belum dewasa yang gampang diingat dan gampang dihapal nadanya. Sebuah penelitian di Toronto University mengungkapkan fakta bahwa berguru musik bagi seorang anak bisa meningkatkan kemampuan otak kanan. Bahkan cara mendidik anak melalui music ini bisa dimulai semenjak si buah hati berusia 2 tahun.

Hal lain yang tidak kalah penting yakni mengarjakan cara menjaga kesehatan tubuh. Mumpung masih 2 tahun, ajarkan ia mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Berikan pembelajaran mengenai masakan apa yang boleh dikonsumsi dan yang tidak. Lebih baik anda cukupi sendiri masakan sehat untuk si buah hati, daripada ia meminta jajanan sembarangan. Jangan salah, ketika ini berbagai anak usia sekolah yang gemar mengkonsumsi masakan tidak sehat alasannya semenjak kecil terbiasa ibarat itu.

Nah kesimpulannya, cara mendidik anak usia 2 tahun bisa dengan mengajak ia berbicara, membacakan cerita, masuki dunianya, memperdengarkan musik, mengenalkan nada sederhana, dan mengajarkan cara menjaga kesehatan. Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan biar nantinya ia tumbuh dan bermetamorfosis anak dan cukup umur yang optimal.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tips Mendidik Anak Usia 2 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel