✔ Prospek Cerah Kuliah Jurusan Paud

Seperti muncul tiba-tiba, banyak yang tidak menyangka ketika pengumuman CPNS oleh Kemdikbud  tamat Agustus kemudian terpampang nama prodi PAUD disana.

Artinya pemegang ijazah PG-PAUD punya kesempatan memperebutkan tiket CPNS. bersaing dengan ribuan pelamar dari jurusan lain.

Memang cuma satu alokasinya, tapi itu masih lebih baik ketimbang “saudara tua” nya, PGSD yang tidak ada sama sekali. Padahal alumnus prodi terakhir ini yang lebih banyak berharap. Mengingat jumlah alumninya yang lebih banyak.

Apa artinya?

Dibukanya keran alumni PG-PAUD untuk melamar CPNS ialah indikasi besar lengan berkuasa mahasiswanya punya prospek cerah di masa datang. Kenapa tahun ini hanya 1 kuota? Karena yang membuka ialah instansi tingkat kementerian. Itupun tidak ditempatkan sebagai guru/pengajar PAUD, melainkan sebagai auditor.

Bayangkan seandainya pemerintah sentra sudah merestui Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk mendapatkan lagi CPNS baru, kans untuk pengangkatan besar-besaran terbuka lebar. Masih ingat dengan apa yang dialami prodi PGSD tahun 2014 lalu?

Tahun 2014 dimana hampir seluruh Kabupaten/Kota menggelar tes CPNS, hampir tidak ada yang luput menyertakan prodi PGSD untuk mengisi gugusan Guru Kelas SD. Tahun itu sanggup dibilang kejayaan prodi yang masih terhitung gres ini.

Kejutan itu sangat mungkin terulang lagi. Pasalnya, belum ada pengajar PAUD berstatus aparatur negara yang murni berlatar belakang PG-PAUD hingga ketika ini. Prosentase terbesar masih ditempati guru-guru senior dengan basic pendidikan umum.

Baca juga: Pilih PGSD atau PGMI?

Prodi PAUD ialah Pilihan Tepat

Zaman sekarang, menentukan jurusan kuliah itu gampang-gampang susah. Disebut gampang, lantaran ragam jurusan bertebaran layaknya anda menentukan baju di pasar. Disebut susah, lantaran belum tentu jurusan yang dipilih banyak orang itu menjanjikan masa depan cerah. Salah-salah hanya duduk perkara gengsi lantaran jurusan itu dibilang keren dan persaingannya tinggi.

. . . padahal bukan itu substansinya!

Memilih jurusan yang sempurna untuk ketika kini ialah jurusan yang masih terbilang fresh (baru), namun akreditasinya memadai (minimal B), dan ini yang penting: sanggup menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Kenapa  demikian? Karena persaingan yang anda hadapi masih rendah, sekaligus memberi jaminan anda untuk segera masuk dunia kerja.

Prodi PG-PAUD sangat memenuhi kriteria itu. Beberapa jenjang menyerupai Kelompok Belajar (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK) gres sudah banyak didirikan. Lembaga-lembaga itu siap menampung untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari dingklik kuliah. Belum lagi forum dengan kriteria khusus, menyerupai Roudhotul Athfal (RA) , Taman Kanak-kanak Plus, dan sebagainya.

Kelebihan lainnya, studi di PG-PAUD memperlihatkan mata kuliah lintas disiplin ilmu. Bagaimana tidak, dunia anak bawah 5 tahun ialah dunia yang holistik, bukan cuma bagaimana menciptakan anak pintar dan cerdas. Disini selain tentunya mempelajari kurikulum PAUD, juga berguru psikologi, gizi, bahasa hingga olahraga. Semua itu ditelaah guna menyiapkan calon pengajar PAUD yang profesional dan mumpuni.

Jadi, bagi anda yang menentukan prodi PAUD pilihan itu sudah tepat. Ngomongin soal memulai karir, sepertinya tidak terlalu sulit lantaran masih banyak forum yang butuh tenaga pengajar yang orisinil basic PAUD. Bagaimana dengan kesejahteraan? Salah satu harapannya ya mencoba ikut tes CPNS menyerupai yang disinggung di atas. Kalaupun tidak, tunjangan sertifikasi juga menanti.

Bahkan Taman Kanak-kanak yang menentukan mengelola biaya sanggup bangun diatas kaki sendiri tanpa mendapatkan dana proteksi operasional pemerintah, juga banyak yang menggaji gurunya melebihi sekolah yang mengambil dana dari pemerintah.

Namun seyogyanya, kalau sudah memutuskan berkecimpung di dunia pendidikan, hal-hal semacam itu sebaiknya disimpan dulu. Ada proses, ada masa kerja yang harus dihitung. Memang ada beberapa yang begitu lulus pribadi bernasib baik dengan memperoleh kesejahteraan tinggi. Tapi pada umumnya menikmati masa kerjanya dulu, gres kesejahteraan akan menigkat secara bertahap.

Dengan kondisi sebagaimana diulas di atas, tentunya sanggup anda simpulkan bahwa diantara jurusan dan aktivitas studi yang bertebaran di kampus-kampus ketika ini, PG-PAUD termasuk salah satu yang punya prospek cerah ke depannya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Prospek Cerah Kuliah Jurusan Paud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel