✔ Isu Seputar Guru Garis Depan 2018

Guru Garis Depan (GGD) yaitu jadwal yang dikala ini ditunggu-tunggu banyak pihak. Salah satu penyebabnya dapat memuluskan impian menjadi abdi negara (PNS). Siapapun yang berhasil lolos seleksi akan diikat statusnya sebagai CPNS sebelum berangkat bertugas ke tempat 3T.

GGD Angkatan Pertama (tahun 2015) yaitu sebanyak 798 guru. Kemudian di tahun 2017 yang dilepas bulan Agustus kemudian meningkat sebanyak  6.296 orang. Nah, apakah di tahun 2018 akan ada peningkatan lagi?

Berikut warta seputar Guru Garis Depan tahun 2018 bersumber dari pernyataan Mendikbud dan Dirjen GTK Kemdikbud RI.

1. Pada periode 2018, pemerintah berencana merekrut calon Guru Garis Depan sebanyak 17.000 guru. Ini disebabkan semakin banyaknya tempat yang mengajukan untuk ditempati Guru Garis Depan. Selain itu, tingginya isu terkini masyarakat yang berminat serta jadwal Nawacita Presiden juga menjadi penyebab makin besarnya jumlah Guru Garis Depan di tahun 2018.

2. Bagi yang lolos menjadi GGD dan menyandang status CPNS, dikenakan kontrak selama 10 tahun mengabdi di tempat yang sudah ditentukan (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Artinya selama kurun waktu itu tidak berhak mengajukan mutasi ke tempat lain atau ke tempat asalnya.

3. Dibukanya kesempatan kepada guru honorer untuk ikut bersaing melamar sebagai CPNS GGD. Syaratnya harus sudah memenuhi kualifikasi (berijazah S-1), serta jika sudah lolos bersedia mengikuti jadwal PPG (Pendidikan Profesi Guru) selama 1 tahun. Kesempatan ini diberikan sesudah munculnya proposal dari sejumlah Pemerintah Daerah untuk memberi peluang bagi guru honorer menjadi CPNS.

4. Pemerintah akan memprioritaskan pemenuhan sarana dan prasarana, termasuk di dalamnya jadwal literasi dan pelayanan Sekolah Satu Atap. Dengan model ini, bawah umur di tempat 3T yang kerapkali terkendala dilema kanal untuk bersekolah, dapat tinggal di asrama.

Itulah beberapa jadwal berkaitan dengan Guru Garis Depan 2018. Bagi anda yang benar-benar punya tekad untuk mengabdi di tempat 3T, ada baiknya mempersiapkan sedini mungkin. Sebab jadwal ini dapat dipastikan akan berlanjut dari tahun ke tahun. Selain itu, dengan melihat keberhasilan yang telah dicapai, jumlah guru yang akan direkrut dipastikan juga akan terus bertambah.

Sumber:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/09/guru-garis-depan-membangun-indonesia-dari-pinggiran
https://www.jawapos.com/read/2017/09/13/156907/2018-kuota-cpns-guru-garis-depan-capai-17-ribu

Belum ada Komentar untuk "✔ Isu Seputar Guru Garis Depan 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel