✔ Pola Sk Tim Literasi Sekolah Format Word

Saat ini setiap sekolah diharuskan menerapkan aktivitas literasi sebagai bab dari penguatan pendidikan karakter. Masing-masing punya kebijakan sendiri untuk mensukseskan program. Yang paling banyak dipilih yakni aktivitas 15 menit di awal masuk sekolah untuk membaca buku-buku bacaan. Dan masih banyak bentuk lainnya.

Namun meski sudah menerapkan, ternyata banyak sekolah yang belum menyebarkan SK Tim Literasi Sekolah. Mungkin alasannya yakni sudah berjalan dan menjadi rutinitas, sehingga menyebarkan SK yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini menjadi terlupa. Untuk beberapa waktu lalu, ketiadaan SK ini tidak berdampak apa-apa. Tetapi untuk ketika ini, sekolah kiranya perlu segera membuat. Selain untuk tertib administrasipada dapodik versi 2019.d ketika ini, akan muncul tanda warning pada sajian sekolah jikalau belum memasukkan SK Tim Literasi.

Tanda peringatan tersebut tentu akan hilang sehabis kita memasukkan  Satuan Tugas, Instansi, Nomor SK, TMT, TST, dan seterusnya.

Untuk itu, pada bab tamat artikel ini kami bagikan pola SK Tim Literasi Sekolah dengan tujuan mempermudah Bapak/Ibu yang membutuhkan.

Baca juga : Cara Praktis Menerapkan Program Literasi Sekolah

Pembentukan tim literasi sendiri dapat dilakukan melalui beberapa tahapan. Diawali dengan Kepala Sekolah mencermati guru-guru yang diyakini mempunyai kepedulian lebih terhadap penumbuhan literasi di sekolah, yang nantinya akan masuk ke dalam tim. Kemudian dengan kewenangannya KS mengadakan rapat penetapan TLS.

Baru kemudian TLS ditugasi melalui surat keputusan berikut hak dan kiprah yang harus dilaksanakan. Jika memungkinkan, diberi kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop literasi sebagai wujud pengembangan profesional perihal literasi.

Namun demikian, jikalau bicara perihal kesuksesan gerakan literasi di sekolah (GLS), tentu bukan hanya tergantung kiprah guru yang masuk ke dalam tim. Melainkan  perlu tanggung jawab dari semua guru dan warga sekolah dalam mensukseskan aktivitas ini. Dengan kata lain, bagaimana kegiatan literasi ini menjadi budaya dan adaptasi di lingkungan sekolah.

Baiklah, berikut ini pola SK Tim Literasi Sekolah. Silahkan bapak/ibu edit jikalau memerlukan perbaikan. Semoga bermanfaat.
Download SK Tim Literasi Sekolah.doc

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Sk Tim Literasi Sekolah Format Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel